Berita Riau

Pemadaman Karhutla di Riau terbantu oleh Curah Hujan

Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Provinsi Riau cukup membantu proses pemadaman kebakaran lahan di Riau

Pemadaman Karhutla di Riau terbantu oleh Curah Hujan
.
Tim gabungan melakukan upaya pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, Sabtu (30/3/2019) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Provinsi Riau cukup membantu proses pemadaman kebakaran lahan di Riau.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mengklaim, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sebelumnya melanda sejumlah daerah di wilayah Riau, kini sudah padam dan hanya tinggal pendinginan saja.

"Alhamdulillah Allah menolong kita dengan hujan, beberapa titik hotspot yang ada kemarin telah padam, sekarang tinggal beberapa titik aja di Dumai yang sedang melakukan pendinginan," kata Kepala BPBD Riau, Edward Sanger, Senin (1/4/2019).

Meski demikian, pihaknya tetap melakukan pemantuan dan partroli serta pendinginan di sejumlah lokasi yang sebelumnya terjadi kebakaran lahan.

Sebab jika tidak diawasi, bisa saja ambil kembali muncul dan meluas.

Baca: 81 Personel di Lanud Roesmin Nurjadin Naik Pangkat

Baca: Kris Mini Cooker Penanak Nasi 0,3 Liter Mulai Diminati

"Sementara ini memang sudah clear, tapi kita tetap waspada dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk tidak terbakar lahan lagi," ujarnya.

Kewaspadaan perlu ditingkatkan, apalagi mulai bulan Juni mendatang diprediksi akan memasuki musim kemarau yang cukup ekstrim.

Sehingga sangat berpotensi munculnya kembali titik api dan kebakaran lahan di Riau.

"Iya, memang kalau prediski BMKG kan sampai Mei masih ada hujan, mudah-mudahan lah, dengan adanya hujan ini bisa meringankan tugas kita selama ini. Sekarang masih standby di posko, ada tiga helikopter dari BNPB," kata Edwar Sanger.

Seperti diketahui, akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau sejumlah wilayah di Riau terkena dampak kabut asap. Kondisi ini membuat udara di sejumlah wilayah di Riau tidak sehat.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved