Rokan Hulu

Khawatir Diserobot dan Hilang, Baru 30 Persen Aset Lahan dan Bangunan Pemkab Rohul Bersertifikat

Aset Pemkab Rohul berupa lahan dan bangunan, baru sekitar 30 persen saja yang sudah bersertifikat.

Khawatir Diserobot dan Hilang, Baru 30 Persen Aset Lahan dan Bangunan Pemkab Rohul Bersertifikat
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul H Abdul Haris. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Penataan dan Pendataan Aset Pemerintah, masih menjadi persoalan yang dihadapi pemerintah daerah, termasuk di Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Sekretaris Daerah Kabupaten Rohul, H Abdul Haris mengungkapkan, sejak 19 tahun mekar dari Kabupaten Kampar, aset Pemkab Rohul berupa lahan dan bangunan, baru sekitar 30 persen saja yang sudah bersertifikat.

Jika persoalan ini tidak cepat diselesaikan, dikhawatirkan aset Pemkab Rohul berupa tanah dan bangunan yang belum bersertifikat tersebut bakal menimbulkan masalah. Misalnya, terjadi penyerobotan, hilang, asetnya ada tapi tak tercatat, atau yang lebih berbahaya lagi dijual secara illegal.

"Kita ingin aset lahan dan bangunan pemerintah yang ada di masyarakat disertifikatkan. Walaupun sudah banyak aset yang sudah bersertifikat, tapi juga banyak aset yang belum bersertifikat,"kata Sekda Abdul Haris, Selasa (25/6/2019).

Abdul Haris mencontohkan, satu aset Pemkab Rohul yang belum bersertifikat adalah puskesmas pembatu yang lahannya dihibahkan masyarakat.

Untuk itu ia meminta Dinas Kesehatan Rohul dapat segera menganggarkan pembuatan sertifikat terhadap aset-aset tersebut.

Selanjutnya, ada aset lahan seluas 5,5 hektare di Pematang Tebih, Kecamatan Ujungbatu, sudah bergeser batasnya sehingga perlu cepat diselesaikan.

"Saat ini baru sekitar 30 persen aset lahan dan perkantoran Pemkab Rohul yang sudah tersertifikat, termasuk lahan kecamatan, kantor desa dan lahan fasilitas umum," ucapnya.

Ditegaskannya, aset lahan dan perkantoran milik Pemkab Rohul secara bertahap akan disertifikatkan. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved