Stepler Hemorhoid, Atasi Wasir Tanpa Nyeri

Ambeien yang terlihat berwarna pink ini, setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi ada juga yang harus didorong masuk dengan jari.

Stepler Hemorhoid, Atasi Wasir Tanpa Nyeri
adv
dr Fahmi SpB Spesialis Bedah Rumah Sakit Awal Bros Panam 

TRIBUNPEKANBARU.COM -  ‘’Ambeien (hemoroid) adalah pembengkakan pembuluh darah yang berada di dalam dan sekitar anus serta bagian luar dubur. Ambeien atau wasir akan menimbulkan masalah ketika terjadi peregangan dan tekanan terus-menerus akibatnya pembuluh darah dan jaringan penyangga menjadi lemah dan menonjola keluar (benjolan di anus). Dan bila ini dibiarkan akan berbehaya dan bisa mengakibatkan anemia,’’ ujar  dr Fahmi SpB Spesialis Bedah Rumah Sakit Awal Bros Panam

Dikatakan dr Fahmi, ambeien terbagi menjadi dua yakni ambeien internal dan eksternal. Wasir dalam atau ambeien internal adalah pembengkakan terjadi dalam rektum, sehingga tidak bisa di lihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit, karen adanya sedikit saraf di daerah rektum.

Gejala yang bisa diketahui adalah pendarahan yang terjadi saat buang air besar. Jika ini yang terjadi, maka masalahnya lebih gawat lagi. Sebab, bila ambeien internal membesar dan keluar ke bibir anus, maka penderita akan merasa sangat nyeri.

Ambeien yang terlihat berwarna pink ini, setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi  ada juga yang harus didorong masuk dengan jari. 

‘’Awal mulanya, ambeien atau wasir tidak tampak dari luar dan gejalanya pun yang sering dikeluhkan adalah pendarahan yang dirasakan tanpa rasa sakit ketika BAB dengan feses yang sifatnya mengeras. Namun kemudian pada akhirnya ambeien ini akan mulai membesar dan akan semakin terlihat menonjol keluar,’’ sebut dr Fahmi.

Diapun menerangkan wasir memiliki fase dalam stadium yang dibagi menjadi 4 stadium yakni

Stadium I: Ketika BAB disertai keluarnya darah tanpa rasa sakit dan tidak merasa adanya benjolan atau tonjolan di anus.

Stadium II: Merasa seperti adanya benjolan yang keluar ketika mengejan, namun benjolan tersebut dapat masuk kembali ketika usai BAB.

Stadium III: Benjolan ini mulai dirasakan adanya rasa sakit dan nyeri setiap kali hendak BAB, merasa feses akan keluar bersama dengan benjolan ambeien. Namun ketika usai BAB, benjolan tersbut tidak dapat masuk kembali kecuali Anda mendorongnya dengan tangan.

Stadium IV: Benjolan mulai tampak menonjol keluar dan mulai dirasakan ketidak-nyamanan dan sifatnya akan menetap, benjolan ambeien in tidak dapat masuk kembali meski didorong dengan tangan. Benjolan mulai terlihat menonjol keluar dan menetap tidak dapat masuk kembali meski dibantu dengan dorongan tangan.

Halaman
123
Editor: Firmauli Sihaloho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved