Perkembangan Kelistrikan Dorong Pertumbuhan Industri di Riau

Gardu Induk (GI) New Garuda Sakti (NGS) di Pekanbaru dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Dumai-KID, mendorong pertumbuhan industri di Riau.

Perkembangan Kelistrikan Dorong Pertumbuhan Industri di Riau
tribun pekanbaru
Gubernur Riau, H Syamsuar, menandatangani prasastasi peresmian PLTMG 25 mW Koto Gasib, GI 150 kV NGS (New) 1x30 MVA, dan SUTT 150 kV Dumai-KID, Rabu (31/7) di Kuala Gasib, Siak. 

tribunpekanbaru.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatra Bagian Tengah (UIP SBT), telah mengoperasikan dua proyek strategis, yaitu Gardu Induk (GI) New Garuda Sakti (NGS) di Rumbai, Pekanbaru, dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Dumai-Kawasan Industri Dumai (KID).

General Manager PT PLN (Persero) UIP SBT, Henvry Setijabudi bersama Manager PT PLN (Persero) UPPJ Riau & Kepri, Eriza, mengatakan, kedua proyek itu sudah beroperasi sejak sebelum peresmian.

Namun untuk peresmiannya sengaja dilaksanakan di PLTMG Kuala Gasib, Kecamatan Koto Gasib, Siak, bersamaan dengan peresmian PLTMG 25 MW.

"Kita bersyukur Gardu Induk 150 kV New Garuda Sakti 1x60 MVA dan SUTT 150 kV Dumai-KID telah diresmikan Bapak Gubernur. Kedua proyek ini sangat bermanfaat bagi perkembangan kelistrikan di Riau," kata dia Henvry.

Ia menguraikan, selama ini kelistrikan Pekanbaru dipasok dari Gardu Induk Garuda Sakti dan Gardu Induk Teluk Lembu. Beroperasinya GI New Garuda Sakti (Trafo Distribusi-1 60 MVA) akan mengurangi pembebanan GI Garuda Sakti (Eksisting).

Dikatakan, Gardu Induk 150 kV NGS beroperasi penuh pada 23 Mei 2019 lalu. Hanya saja peresmian menunggu waktu dan jadwal yang sudah direncanakan yaitu Rabu (31/7) di Koto Gasib, Siak.

Sementara pembangunan SUTT 150 kV Dumai–KID, membentang sepanjang 61,6 KMS dengan 99 tower. SUTT ini didukung Gardu Induk KID berkapasitas 30 MVA. SUTT 150 kV Dumai–KID ini juga telah beroperasi penuh sejak 24 April 2019 lalu. (myo)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved