Rokan Hulu

Kabut Asap Meluas Ke Rohul Riau, Ratusan Orang Terjangkit ISPA

Meski Jumlah titik hot spot di Rohul nihil, asap kiriman kabupaten tetangga menyebabkan warga di perbatasan mulai terserang ISPA.

Kabut Asap Meluas Ke Rohul Riau, Ratusan Orang Terjangkit ISPA
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Suasana Puskesmas Simpang Tiga Pekanbaru, Senin (5/8/2019). Dalam seminggu terakhir, kunjungan pasien yang memiliki penyakit akibat kabut asap seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) meningkat terutama anak-anak. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

Kabut Asap Meluas Ke Rohul Riau, Ratusan Orang Terjangkit ISPA

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, ternyata sudah memasuki kabupaten Rokan Hulu (Rohul), bahkan sudah mulai menganggu kesehatan masyarakatnya.

Meski Jumlah titik hot spot di Rohul nihil, asap kiriman kabupaten tetangga menyebabkan warga di perbatasan mulai terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul, dr. Bambang Triyono‎ megungapkan, dari data Dinas Kesehatan Rohul, jumlah penderita ISPA sudah mencapai 239 Jiwa di 16 Kecamatan.

"Daerah terdekat perbatasan Rohul-Kampar, seperti Kabun, Ujung Batu dan Rambah Samo menjadi yang terbanyak terserang ISPA," katanya, Minggu (11/8/2019).

Baca: Kapolres Kampar Tinjau Kondisi Lahan Terbakar di Rimbo Panjang, Riau

Baca: Terendah, Cuma Dapat Suara 751, Caleg Ini Terpilih Anggota DPRD Kuansing Riau

Ia menambahkan, dari data yang dihimpun di tiga Kecamatan tersebut, jumlah Warga yang sudah terserang ISPA mencapai 95 kasus antara Lain Rambah Samo 43 kasus, kabun 31 kasus dan Ujung Batu 21 kasus.

"Di Kecamatan Kabun yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kampar, pihak Puskesmas setempat bahkan sudah meminta bantuan masker untuk mengatasi kabut asap yang mulai menebal di daerah tersebut," sebutnya.

Bambang menjelaskan, secara umum daerah yang terdampak kabut asap di Rohul, baru sebatas di daerah perbatasan dengan kabupaten yang terjadi peristiwa kebkaran Hutan dan lahan.

Sementara, tambahnya di ibukota Pasirpengaraian dan sekitarnya, kondisi udara masih normal dan penderita ISPA umumnya merupakan kasus rutin terjadi bukan karena pengaruh kabut asap.

Meski demikian, Pihaknya tetap mengimbau warga Rohul, untuk meningkatkan kewaspadaan terutama bayi dan balita, jaga kesehatan.

Jika kabut asap makin tebal dapat mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Selain ISPA dari Data Dinas Kesehatan Rohul juga terdapat 23 kasus Iritasi mata 23, 14 kasus Iritasi kulit, 1 kasus pneumonia, dan 13 kasus asama," pungkasnya. (tribunrohul.com/dony kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved