Daun Nanas Jadi Besek: Green Qurban Upaya Pertamina Dumai Berbagi dengan Semangat Cinta Lingkungan

Tahun ini Pertamina RU II menggandeng mitra binaan program TJSL dalam membuat besek dari daun tanaman nanas.

Daun Nanas Jadi Besek: Green Qurban Upaya Pertamina Dumai Berbagi dengan Semangat Cinta Lingkungan
Pertamina RU II Dumai
Besek pengganti plastik merupakan upaya Pertamina RU II kurangi sampah plastik pada kegiatan bagi-bagi daging qurban saat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H 

Daun Nanas Jadi Besek: Green Qurban Upaya Pertamina Dumai Berbagi dengan Semangat Cinta Lingkungan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Konsisten jalankan kampanye "Beat Plastic Pollution" PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II kembali salurkan hewan qurban gunakan besek sebagai pengganti kantong plastik.

Tak hanya terbuat dari anyaman bambu, tahun ini Pertamina RU II menggandeng mitra binaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam membuat besek dari daun tanaman nanas.

Program qurban dengan sentuhan cinta lingkungan ini memasuki tahun kedua penyelenggaraan sejak pertama kali dijalankan pada momen Idul Adha 1439 H dan diberi nama "Green Qurban Pertamina RU II".

General Manager Pertamina RU II M. Dharmariza pimpin langsung kegiatan Green Qurban setelah bersama-sama jalankan Shalat Idul Adha 1440 H bersama keluarga besar Pertamina di Masjid Al Muhajirin Komplek Pertamina Bukit Datuk Dumai, Minggu (11/08/19).

GM Pertamina RU II, M. Dharmariza melakukan peninjauan akhir sebelum penyembelihan hewan qurban dimulai
GM Pertamina RU II, M. Dharmariza melakukan peninjauan akhir sebelum penyembelihan hewan qurban dimulai (Pertamina RU II Dumai)

Ditemui di sela kegiatan, Dharmariza mengungkapkan program Green Qurban ini merupakan tindak lanjut dari kampanye "Beat Plastic Pollution" yang sejak 2018 telah dijalankan di Pertamina RU II.

Awalnya, kampanye ini dilakukan untuk mengurangi konsumsi air mineral dalam kemasan dan diganti dengan penggunaan botol minuman isi ulang atau tumblr.

Dengan semangat yang sama, pada Idul Adha tahun 2018, dimulailah penggunaan besek bambu sebagai pengganti plastik.

Selain ramah lingkungan, penggunaan besek bambu juga memberikan nuansa kearifan lokal Indonesia mengingat jenis kantong ini sudah digunakan turun temurun oleh masyarakat Indonesia.

"Alhamdulillah tahun ini Pertamina RU II kembali berkesempatan melaksanakan program Green Qurban. Tidak sekadar berbagi hewan qurban, kami pun ingin mengangkat pesan cinta lingkungan dengan menggunakan besek sebagai pengganti kantong plastik", ungkap Dharmariza.

Halaman
12
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved