Berita Riau

Diskop dan UKM Inhu Riau Bakal Panggil Panitia dan Pengurus KUD Motah Makmur

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Inhu, Syahrudin membenarkan soal adanya pertemuan dengan anggota KUD Motah Makmur.

Diskop dan UKM Inhu Riau Bakal Panggil Panitia dan Pengurus KUD Motah Makmur
istimewa
Anggota KUD Motah Makmur bertemu dengan Kepala Diskop dan UKM Inhu, Jumat (6/9/2019). 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Koperasi Unit Desa (KUD) Motah Makmur di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bakal menggelar rapat anggota untuk memilih ketua KUD yang dijadwalkan pada Selasa (10/9/2019) mendatang.

Namun pada proses pelaksanaannya, salah satu bakal calon ketua dinyatakan gugur oleh panitia tanpa adanya penjelasan. Selain itu panitia juga diduga melanggar aturan, dikarenakan rapat pembentukan panitia tidak dilakukan melalui rapat anggota.

Oleh karena itu, sejumlah anggota KUD Motah Makmur mendatangi Kantor Dinas Koperasi dan UKM (Diskop dan UKM) Inhu pada Jumat (6/9/2019) untuk melaporkan dugaan kecurangan yang terjadi. Kedatangan anggota KUD Motah Makmur tersebut diterima langsung oleh Kadiskop dan UKM, Syahrudin.

Terkait dugaan kecurangan tersebut Tribuninhu.com mewawancarai Nurdin, satu DIANTARA anggota KUD Motah Makmur.

Nurdin menjelaskan bahwa ada empat poin yang menjadi dasar penolakan mereka terhadap seleksi calon ketua KUD Motah Makmur tersebut. Pertama sebagian anggota menduga ada permainan dalam penetapan calon ketua KUD Motah Makmur. Kedua, diantara calon ketua KUD Motah Makmur merupakan panitia pemilihan Ketua KUD Motah Makmur.

Ketiga, ketua panitia pelaksana bukan anggota KUD Motah Makmur. Keempat pembentukan penitia pemilihan calon ketua KUD Motah Makmur bukan dari hasil RAT.

"Empat poin ini menjadi dasar kita menolak, dan sudah ada tandatangan dari anggota KUD Motah Makmur yang lainnya yang turut menolak seleksi calon ketua KUD Motah Makmur," kata Nurdin.

Oleh karena itu mereka berharap agar Diskop dan UKM turun menyelesaikan persoalan pemilihan ketua KUD Motah Makmur tersebut.

Ketua Panitia pemilihan Ketua KUD Motah Makmur Matkoni ketika dikonfirnasi awak media mengaku dirinya terdaftar sebagai anggota KUD Motah Makmur.

"Saya anggota KUD Motah Makmur. Jika tidak anggota KUD, mana mungkin saya ditunjuk sebagai pantia," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved