Punya ILS, Kabut Asap Tak Ganggu Bandara SSK II Meski Jarak Pandang Terbatas

Bandara SSK II saat ini sudah memiliki ILS yang bisa memandu para pilot mendarat dengan akurat meski jarak pandang terbatas.

Punya ILS, Kabut Asap Tak Ganggu Bandara SSK II Meski Jarak Pandang Terbatas
internet
ILS memandu pilot mendarat meski jarak pandang terbatas 

tribunpekanbaru.com - Kabut asap yang semakin pekat di Kota Pekanbaru tidak sampai mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II.

Pengelola bandara bertaraf internasional ini mengemukakan, meski jarak pandang sifatnya fluktuatif, namun aktivitas penerbangan masih terbilang aman.

"Kondisi di Bandara SSK II memang jarak pandang saat ini sifatnya fluktuatif, naik turun. Namun secara umum tidak mempengaruhi penerbangan," kata Yogi Prasetyo, Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Kamis (12/9).

Menurutnya, sejauh ini belum ada pembatalan atau penundaan penerbangan terkait kabut asap. Dalam artian, seluruh aktivitas penerbangan di Bandara SSK II masih berjalan dengan normal.

Yogi menyebutkan, kabut asap pekat yang membuat jarak pandang berkurang, saat ini masih bisa ditangani secara baik oleh para pilot dari maskapai penerbangan. Ini dikarenakan Bandara SSK II saat ini sudah dilengkapi dengan sistem navigasi ILS atau Instrument Landing System, yang sangat membantu para pilot melakukan pendaratan secara akurat meskipun saat jarak pandang terbatas.

"ILS ini dapat membantu teman-teman pilot airlines. Bisa landing di atas 800 meter. Jadi di bawah 1.000 meter kenapa bisa landing, karena sudah ada alat navigasi, sehingga pesawat bisa aman landing," sebutnya lagi.

Dibeberkan Yogi, range atau batasan jarak pandang aman untuk pesawat bisa landing di Bandara SSK II berkisar antara 800 sampai 1.000 meter.

"Namun begitu, pada akhirnya decision (keputusan) tetap ada pada pilot juga," ujarnya lagi. (rzk)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved