Pelalawan

Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Karhutla di Kerumutan Pelalawan Riau, Motivasi Petugas di Lapangan

Kedatangan Kapolri Tito dan Panglima Hadi merupakan kedua kali sepanjang dua bulan terakhir ke Pelalawan dengan agenda serupa.

Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Karhutla di Kerumutan Pelalawan Riau, Motivasi Petugas di Lapangan
Istimewa
Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali meninjau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawa pada Minggu (15/9/2019) siang. 

Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Karhutla di Kerumutan Pelalawan Riau, Motivasi Petugas di Lapangan

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali meninjau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawa pada Minggu (15/9/2019) siang.

Kedatangan Kapolri Tito dan Panglima Hadi merupakan kedua kali sepanjang dua bulan terakhir ke Pelalawan dengan agenda serupa yakni memantau upaya penanganan Karhutla.

Kunjungan kedua ini rombongan Kapolri dan panglima menyambangi Karhut di Dusun Eka Air Kuning Kelurahan Kerumutan Kecamatan Kerumutan yang terbakar dalam sebulan ini.

Baca: BREAKING NEWS: Presiden Jokowi Besok Tinjau Kebakaran Lahan di Riau, Menginap Semalam di Pekanbaru

Baca: STORY: Makan 2 Bungkus Mie Instan Berlima, Suka Duka TNI dan Tim Padamkan Karhutla di Inhil Riau

Rombongan menggunakan tiga helikopter yang turut didalamnya yakni Kepala BNPB, gubernur, kapolda, Dirjen Gakum LHK, Danrem, Danlanud, serta jajaran perjabat antar institusi lainnya.

Rombongan disambut oleh Dandim 0313 Letkol Inf Aidil Amin, Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi, Sekdakab Tengku Mukhlis, dan Kepala BPBD Pelalawan Hadi Penandio.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali meninjau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawa pada Minggu (15/9/2019) siang.
Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali meninjau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawa pada Minggu (15/9/2019) siang. (Istimewa)

Sekitar pukul 11.50 rombongan mendarat di Lapangan Kapau Kelurahan Kerumutan dan melanjutkan perjalanan darat ke lokasi Karhutla di Dusun Eka Air Kuning Kerumutan. Kapolri Tito dan Panglima Hadi memberikan pengarahan kepada seluruh personil yang bertugas memadamkan api di areal tersebut.

"Pak Kapolri dan panglima juga memberikan motivasi dan semangat dihadapan petugas. Intinya ini adalah tugas mulia untuk kemanusiaan dengan mengadikan diri serta meningalkan anak istri demi panggilan tugas," beber Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, kepada tribunpelalawan.com, Minggu (15/9/2019).

Baca: Breaking News: Disdik Pelalawan Riau Memperpanjang Libur Siswa Sekolah Dua Hari Akibat Asap Karhutla

Baca: Akhirnya Pemprov Riau Buka Posko Kesehatan Dampak Asap Karhutla, Pengobatan Gratis, Ini Lokasinya

Hadi Penandio menjelaskan, rombongan meninjau lokasi yang beberapa hari sebelumnya ditinjau Kepala BNPB Letjen Doni Monardo untuk memastikan tidak ada lagi api maupun asap yang dihasilkan lokasi bekas terbakar itu.

Apalagi lokasi yang dilalap api telah mendekati pompa pengeboran minyak dan pipa aktif milik pertamina.

Ternyata api Karhutla berhasil dipadamkan dan tidak merembet lagi. Setelah melihat upaya pemadaman dan pendinginan di Kerumutan, rombongan kembali bertolak ke Pekanbaru.

Hadi Penandio menuturkan, ada satu titik di Kerumutan yang belum teratasi sepenuhnya yakni di lokasi yang berbatasan dengan Indragiri Hulu. Lantaran akses sangat sulit untuk mencapai pangkal api, helikopter water bombing diarahkan untuk melakukan pengeboman air.

Baca: TMC Hujan Buatan, Pesawat Cassa 212 Aviocar TNI AU Semai 800 Kg Garam di Langit Bengkalis Riau

Baca: FOTO: Warga Gunakan Masker Saat Beraktivitas di Pasar Agus Salim Pekanbaru

Selain itu, operasi pemadaman dan pendinginan juga masih berlangsung di Desa Sotol Kecamatan Langgam yang sudah dua pekan terbakar.

Kemudian titik api baru muncul dua hari yang lalu di Desa Kuala Terusan dan Rantau Baru Kecamatan Pangkalan Kerinci. Saat ini tim gabungan dan rayon kecamatan memadamka api di lokasi.

"Secara umum kendala di lokasi yakni ketersediaan air serta akses jalan ke lokasi. Tapi helikopter water bombing selalu membantu kita yang dikirim tim satgas udara," pungka Hadi. (Tribunpelalawan.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved