Berita Riau

Gubernur Syamsuar Panggil Tiga Peserta yang Lulus Seleksi Calon Sekdaprov Riau

Tiga nama peserta seleksi Calon Sekdaprov Riau hasil seleksi terbuka yang dilakukan oleh Tim Pansel ternyata sudah menghadap Gubri Syamsuar.

Gubernur Syamsuar Panggil Tiga Peserta yang Lulus Seleksi Calon Sekdaprov Riau
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Gubernur Riau Syamsuar memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie menggantikan Sekda sebelumnya Ahmad Hijazi di Gedung Daerah Provinsi Riau, Pekanbaru, Rabu (14/8/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Gubernur Syamsuar Panggil Tiga Peserta yang Lulus Seleksi Calon Sekdaprov Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tiga nama peserta seleksi Calon Sekdaprov Riau hasil seleksi terbuka yang dilakukan oleh Tim Pansel ternyata sudah menghadap Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Tiga nama peserta yang lulus seleksi ini bahkan langsung diwawancarai oleh Gubernur Riau menyangkut tugas dan fungsinya serta komitmennya masing-masing untuk membantu gubernur Riau dalam menjalankan tugasnya sebagai Sekda. Serta menjalankan visi dan misi gubernur Riau lima tahun kedepan.

Pertemuan tiga nama peraih nilai tertinggi tersebut dibenarkan oleh ketua Tim Pansel calon Sekdaprov Riau, Prof Ashalludin Jalil, Minggu (29/9/2019). Ia menyebut, Gubernur Riau meminta kepada tim pansel agar mengundang tiga nama peserta yang lulus seleksi tersebut untuk diwawancarai oleh Gubenur sebelum diteruskan ke presiden melalui Kemendagri.

"Iya, mereka (tiga peserta peraih nilai tertinggi) ada wawancara khusus dengan Pak Gubernur. Kita paham, karena nanti kan yang akan menggunakan Sekda ini kan Pak Gubernur. Jadi siapun Sekda yang dipilih nanti, harus sejalan dan mampu mengimplementasikan program-program dari Pak Gubernur dan mampu berkomunikasi dengan baik. Tidak hanya diinternal Pemprov Riau, tapi juga ke pusat," kata mantan Rektor Unri dua priode ini.

Baca: Dua Bocah Terseret Arus Sungai Subayang Riau, Satu Meninggal Dunia

Baca: STORY - Tak Resah Harga Sawit Anjlok, Petani Ubi Desa Salo Riau Hasilkan Rp 30 Juta Sekali Panen

Saat ditanya, apakah sesuai aturan seorang gubernur diperbolehkan untuk memanggil dan mewawancarai peserta yang ikut dalam seleksi, sebelum diumumkan siapa yang lolos seleksi, Ashalludin mengatakan, itu diperbehkan dan dianggap sebagai sesuatu yang wajar.

"Itu memang permintaan beliau (Syamsuar) dan menurut kami itu sesuatu yang wajar," imbuhnya.

Ashaluddin memastikan tidak ada yang dilanggar dari pertemuan tersebut, sebab siapaun yang terpilih menjadi Sekda nanti, harus bisa memanage jalanya birokrasi di lingkungan Pemprov Riau.

"Kemampuan memanage itu kan kisi-kisi yang akan dilakukan itu yang paham pak Gubernur. Kalau Sekdanya tidak paham dengan kisi-kisi itu kan payah nanti. Tapi yang jelas seluruh indokator dari proses seleksi ini semua sudah kita ikuti," ujarnya.

Ashalludin mengatakan, setelah didapatkan tiga nama peserta dengan nilai tertinggi tersebut, maka proses selanjutnya adalah menyampaikan tiga nama tersebut ke presiden melalui Gubernur Riau yang diteruskan ke Kemendagri.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved