Berita Riau

Penggunaan QR Code Indonesian Standard di Riau Mulai 1 Januari 2020, Transaksi Keuangan Lebih Mudah

Penggunaan QR Code Indonesian Standard atau GRIS di Riau mulai 1 Januari 2020, transaksi keuangan lebih mudah dan gampang serta untung

Penggunaan QR Code Indonesian Standard di Riau Mulai 1 Januari 2020, Transaksi Keuangan Lebih Mudah
Tribun Pekanbaru/Nolpitos Hendri
Penggunaan QR Code Indonesian Standard di Riau Mulai 1 Januari 2020, Transaksi Keuangan Lebih Mudah 

Penggunaan QR Code Indonesian Standard di Riau Mulai 1 Januari 2020, Transaksi Keuangan Lebih Mudah

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Penggunaan QR Code Indonesian Standard atau GRIS di Riau mulai 1 Januari 2020, transaksi keuangan lebih mudah dan gampang serta untung.

Mulai 1 Januari 2020, Bank Indonesia (BI) mewajibkan seluruh QR Code pembayaran di Indonesia menggunakan satu standar QR Code yaitu QR Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS merupakan implementasi dari visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang telah dicanangkan sejak Mei 2019.

Penerbitan standar QRIS tersebut merupakan langkah antisipasi terhadap inovasi teknologi dan perkembangan kanal pembayaran melalui QR Code yang berpotensi menimbulkan fragmentasi baru di industri sistem pembayaran, serta untuk memperluas akseptasi pembayaran non tunai nasional secara lebih efisien.

Standarisasi QRIS ini dikembangkan bersama oleh BI dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Analis Executive BI Riau, Asral Mashuri mengatakan, untuk di Riau saat ini data yang didapat BI Riau baru Bank Mandiri, Bank Mega, BCA, dan Nobu yang sudah menerapkan QRIS.

"Gopay dan OVO sudah kita hubungi dan mereka baru bisa memberikan data sekitar Januari, karena semua data dan transisi dari QR code biasa dan QRIS dihandle oleh pusat, dan sekarangpun masih dalam proses transisi," ujar Asral kepada Tribun, Jumat (27/12).

Kemudian tambah Asral, BI juga sudah suratin banknya, agar memberikan sosialisasi kenasabahnya yang menjadi merchant, agar menggunakan QRIS.

"Contohnya yang kita ketahui ada miniso, es teller 77, mesjid gunung merah, mesjid darul amal, rumah tenun kampung bandar, ponpes khalid bin walid, mesjid Baitul Ihsan BI Riau yang sudah menerapkannya," ucap Asral.

Halaman
1234
Penulis: Rino Syahril
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved