Berita Riau

800 Pegawai Honorer di Pemkab Meranti Diduga FIKTIF, Data BKD Beda dengan BPKAD, Eh Ada Anak Pejabat

Wakil rakyat di DPRD Kepulauan Meranti berang, karena ada 800 pegawai honorer di Pemkab Meranti diduga fiktif, terindikasi dari data BKD beda

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
800 Pegawai Honorer di Pemkab Meranti Diduga FIKTIF, Data BKD Beda dengan BPKAD, Eh Ada Anak Pejabat 

800 Pegawai Honorer di Pemkab Meranti Diduga FIKTIF, Data BKD Beda dengan BPKAD, Eh Ada Anak Pejabat

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Wakil rakyat di DPRD Kepulauan Meranti berang, karena ada 800 pegawai honorer di Pemkab Meranti diduga fiktif, terindikasi dari data BKD beda dengan BPKAD, eh ada anak pejabat pula.

Jumlah pegawai honorer berdasarkan data BKD ada sebanyak 4.337 orang yang tersebar di beberapa Organiasi Perangkat Daerah atau OPD, sedangkan berdasarkan data BPKAD jumlah pegawai honorer ada sebanyak 4.448 orang dengan gaji yang dikeluarkan Rp 73,2 miliar dalam setahun.

Selain itu, pegawai honorer tersebut ada yang mahasiswa yang kuliah di Pekanbaru bahkan ada yang anak pejabat, nama mereka tercatat di absen namun mereka tidak masuk kantor.

Atas kondisi ini, Pemkab Kepulauan Meranti kali ini dituding telah mempekerjakan pegawai honorer fiktif dan kondisi ini disorot wakil rakyat di DPRD Kepulauan Meranti.

Anggota Komisi I DPRD Kepulauan Meranti, Dr. M Tartib SH yang menyoroti permasalahan ini mengatakan jika kepala daerah tidak konsisten terhadap kebijakan yang dibuat, penambahan pegawai honorer masih saja dilakukan oleh beberapa OPD.

Padahal bupati sudah mewanti-wanti hal tersebut yakni melarang untuk merekrut lagi pegawai honorer karena dinilai membebani keuangan daerah.

Hal ini dilontarkan oleh DPRD buntut dari adanya pengurangan tenaga honorer di Sekretariat DPRD sebanyak 54 orang, hal itu diakibatkan membeludaknya pegawai honorer atau Tenaga Harian Lepas (THL) yang bekerja disana.

Dari data yang diperoleh dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kepulauan Meranti, beban gaji untuk pegawai honorer sebesar Rp 73,2 miliar per tahun.

Beban itu diperuntukkan untuk gaji 4.448 orang tenaga honorer yang tersebar di OPD.

Halaman
123
Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved