Breaking News:

Berawal Ditilang Polisi, 2 Mahasiswa Ini Gugat Aturan Lampu Motor Wajib Nyala di Siang Hari ke MK

Berawal Ditilang Polisi, 2 Mahasiswa Ini Gugat Aturan Lampu Motor Wajib Nyala di Siang Hari ke MK

Editor: Budi Rahmat
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
(Ilustrasi) Aparat Kepolisian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru memberhentikan sejumlah pengendara saat menggelar Operasi Keselamatan Muara Takus 2018 di Jalan SM Amin, Pekanbaru, Kamis (8/3/2018). Sekitar satu jam menggelar razia, tak kurang dari 50 pengendara yang melanggar aturan lalu lintas diberi surat tilang teguran dan diminta untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. (Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir). 

Berawal Ditilang Polisi, 2 Mahasiswa Ini Gugat Aturan Lampu Motor Wajib Nyala di Siang Hari ke MK

TRIBUNPEKANBARU.COM- Berawal dari peristiwa ditilang polisi, mahasis ini menggugat soal aturan menyalakan lampu di siang hari khusus pengendara sepeda motor.

Ia tidak terima dengan aturan tersebut dengan membandingkannya saat Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor di siang hari tapi tak menyalakan lampu.

Kini sang mahasiswa memasukkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi

Dua mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI), Eliadi Hulu dan Ruben Saputra, ditilang lantaran dirinya tidak menyalakan lampu motornya saat melintas di jalan raya.

Keduanya merupakan mahasiswa aktif di Fakultas Ilmu Hukum UKI.

Eliadi dan Ruben ditilang anggota Satlantas Polres Metro Jakarta Timur saat melaju di Jalan DI Panjaitan pada 8 Juli 2019 sekira pukul 09.00 WIB.

Keduanya dianggap melanggar dua pasal 107 ayat 2 dan 293 ayat 2.

Adapun bunyi Pasal 107 Ayat (2) UU LLAJ yakni, "Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari".

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved