Karhutla

Dashboard Lancang Kuning, Aplikasi Canggih Ala Polda Riau, Bisa Pantau Karhutla

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, secara resmi memperkenalkan aplikasi berbasis sistem terintegrasi

TRIBUN PEKANBARU / RIZKY ARMANDA
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat memberikan penjelasan tentang aplikasi Dashboard Lancang Kuning, Sabtu (25/1/2020) 

Dashboard Lancang Kuning, Aplikasi Canggih Ala Polda Riau, Bisa Pantau Karhutla

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, secara resmi memperkenalkan aplikasi berbasis sistem terintegrasi bernama Dashboard Lancang Kuning.

Aplikasi ini dibuat, sebagai salah satu upaya dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Dengan aplikasi ini, sistem penanganan Karhutla menjadi lebih terukur, terstruktur, dan efisien. Seluruh data terkait Karhutla, juga bisa diolah di aplikasi ini.

Canggihnya lagi, aplikasi ini juga menyediakan akun perbankan virtual. Sehingga bisa dipakai untuk menyimpan dan mendistribusikan dana dalam pelaksanaan operasi penanggulangan Karhutla.

Tak hanya personel Polri, aplikasi Dashboard Lancang Kuning Polda Riau ini sebagian besar juga sudah dimiliki oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Salah satunya Gubernur Riau, Syamsuar.

Orang nomor satu di Riau itu juga bisa secara langsung memantau laporan terkini penanganan Karhutla.

Aplikasi ini juga mampu menjaring para relawan Karhutla. Yang sewaktu-waktu juga bisa memonitor dan menginformasikan Karhutla yang ada di suatu daerah.

"Dengan aplikasi ini Karhutla akan lebih cepat terdeteksi, dan akan langsung diverifikasi personel di lapangan. Untuk kemudian dilakukan koordinasi dalam penanganannya," sebut Irjen Agung, Sabtu (25/1/2020) dalam kegiatan perkenalan aplikasi Dashboard Lancang Kuning di salah satu hotel di Pekanbaru.

Agung membeberkan, penerapan sistem dalam aplikasi ini, menggunakan 4 teknologi citra satelit, yaitu Terra, Aqua, Noaa, dan Lapan untuk mendeteksi hotspot atau titik api.

Halaman
1234
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved