Panglima TNI dan Kapolri ke Riau

Panglima TNI dan Kapolri ke Pekanbaru, Hadi: Karhutla di Riau Akibat Ulah Manusia Sejak Tahun 2015

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam pidatonya di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu sore, menyinggung soal Karhutla di Riau

Panglima TNI dan Kapolri ke Pekanbaru, Hadi: Karhutla di Riau Akibat Ulah Manusia Sejak Tahun 2015
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Panglima TNI dan Kapolri ke Pekanbaru, Hadi: Karhutla di Riau Akibat Ulah Manusia Sejak Tahun 2015. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis mengunjungi Posko Relawan Karhutla di komplek Purna MTQ Pekanbaru, Rabu (12/2/2020). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Panglima TNI dan Kapolri ke Pekanbaru, Hadi: Karhutla di Riau Akibat Ulah Manusia Sejak Tahun 2015

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam pidatonya di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu sore, menyinggung soal kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Bumi Lancang Kuning, rata-rata akibat ulah manusia.

"Kalau kita lihat rata-rata terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau ini, mulai dari tahun 2015 sampai 2019 terakhir, akibat ulah manusia 90 persen. Dan 80 persen digunakan untuk lahan," tegasnya.

Untuk itu disebutkan Hadi, penegakan hukum, harus benar-benar ditegakkan.

"Karena sudah ketahuan yang bakar ternyata adalah manusia. Dengan media tikus yang ekornya ditali dengan api, kemudian dilepas. Bisa juga dengan obat nyamuk ditaruh di tempat, kemudian sisinya dikasih bensin. Sehingga kemungkinan kita bisa menangkap ulah manusia tersebut perlu waktu, kalau dalam militer perlu ambush," ungkapnya.

Dipaparkan Hadi, masyarakat juga bisa membantu, jika mengetahui adanya pelaku pembakar lahan.

Jika sudah ditangkap, bisa diserahkan ke kepolisian.

"Karena saya yakin, kepolisian juga akan menindak tegas, karena faktor manusia," jelasnya.

Lebih jauh kata Jenderal bintang empat pemegang tongkat komando tertinggi di institusi TNI itu, jika antisipasi Karhutla tidak segera dilakukan, maka potensinya sangat kuat bisa terjadi.

Beberapa upaya yang sudah disiapkan Provinsi Riau dalam langkah menghadapi Karhutla 2020, dia juga menyampaikan apresiasinya.

Halaman
123
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved