Breaking News:

Kuansing

Warga Ramai Urus Dokumen Kependudukan, Disdukcapil Kuansing Terapkan New Normal dalam Pelayanan

Warga yang datang mengurus dokumen kependudukan mereka di Disdukcapil Kuansing diwajibkan untuk menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Palti Siahaan
Warga mengurus administrasi di Kantor Disdukcapil Kuansing 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kuansing menerapkan konsep new normal dalam pelayanan ke masyarakat. Hal tersebut dimanfaatkan oleh warga Kamis (4/6/2020) untuk mengurus keperluan dokumen kependudukan mereka.

Pintu masuk Disdukcapil saat ini ada plastik. Seorang petugas dari Disdukcapil duduk dibalik plastik tersebut dan memanggil satu per satu warga yang datang.

Kepala Disdukcapil Kuansing Refendi Zukman mengatakan pihaknya sudah menerapkan new normal dalam pelayanan ke warga, dengan membuka kantor. Warga pun bisa datang langsung ke kantor.

"Setelah lebaran kemarin sudah kita terapkan melakukan pelayanan tatap muka dengan tetap memakai standar protocol kesehatan covid-19," kata Refendi Zukman, Kamis (4/6/2020).

BUTUH Tambahan 7,4 Miliar, Anggaran KPU Kuansing Riau untuk Gelar Pilkada dengan Protokol Covid-19

Ketua Komisi II DPRD Kuansing Riau Pasrah Tidak Bisa Haji Tahun Ini

Pemberitahuan Buat JCH Kuansing Riau, Hari Ini Sudah Bisa Ajukan Pengembalian Uang Pelunasan

Plastik di pintu masuk utama, katanya, sebagai peindung. Sehingga petugas dalam melayani tatap muka, tetap aman.

Buka pelayanan tatap muka, warga pun membludak. Refendi mengatakan dalam dua hari ini, 300 - 400 orang warga yang datang.

"Warga minta dilayani terutama cetak E-KTP. Kami menghimbau agar warga menerapkan protocol kesehatan covid-19," katanya.

Menerapkan konsep new normal, ia meminta warga datang menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

Menerapkan new normal dalam pelayanan, pihaknya tetap melayani pelayanan online. Sebelumnya, Disdukcapil Kuansing meniadakan palayanan tatap muka dan diganti pelayanan online.

Pelayanan online menggunakan email dan juga aplikasi WhatsApp. Pelayanan online diutamakan untuk pengurusan akte kelahiran dan kematian.

Naik Haji Tahun Ini Dibatalkan, Ratusan JCH Asal Kuansing Riau Terima Keputusan

Realisasi Pendapatan Kabupaten Kuansing Tahun 2019 Capai 93 Persen atau Rp 1,520 Triliun

"Tapi balik lagi. Nampaknya masyarakat kita lebih puas datang ke kantor. Pelayanan tatap muka," ucapnya. (Tribunpekanbaru.com / Palti Siahaan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved