Breaking News:

Pelalawan

Niatnya Bakar Kayu Untuk Masak Air Tapi Lahan yang Terbakar Capai 3 Hektar, Warga Diamankan Polisi

Api itu berasal dari lahannya yang muncul lantaran JN membakar kayu untuk memasak air minum. Namun tidak diduga menjadi membesar hingga merambat

ISTIMEWA
Tim Pemburu Karhutlah Polsek Pangkalan Kuras bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Kesuma Bripka Andriko yang dipimpin oleh Kapolsek Pangkalan Kuras, Kompol Ahmad. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Seorang warga Kabupaten Pelalawan Riau ditangkap polisi diduga sebagai pelaku Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di areal Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Selasa (10/6/2020) lalu.

Pelaku berinisial JN (39) yang tinggal di Jalan Jambu Kekurahan Kerinci Timue Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Tersangka JN diduga membakar lahan di areal TNTN di Dusun V Bukit Makmur Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras. Lahan yang habis dilalap api akibat ulah JN seluas tiga hektar, dimana api berasal dari lahannya.

"Pelaku sedang berada di lokasi saat pengecekan oleh personil. Kemudian diamankan setelah ia mengakui perbuatannya," terang Kasubbag Humas Polres Pelalawan, Iptu Edy Haryanto, kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (12/6/2020).

Penangkapan tersangka berawal ketika polisi memantau ada Karhurla yang terjadi TNTN Desa Kesuma Kecamatan Pangkakan Kuras.

11 Warga Pelalawan Riau yang Dikarantina di GOR Sehat, Diskes Sebut OTG dengan Rapid Test Reaktif

Berkedok Ormas Anti Narkoba, Pria 32 Thn di Pelalawan Dicokok Polisi, Diduga Jadi Pengedar Sabu-sabu

Tim Pemburu Karhutlah Polsek Pangkalan Kuras bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Kesuma Bripka Andriko yang dipimpin oleh Kapolsek Pangkalan Kuras, Kompol Ahmad, melakukan pengecekan titik kebakaran tersebut, berdasarkan data dari aplikasi Lancang Kuning.

Setibanya di lokasi Tim Pemburu Karhutlah Polsek Pangkalan Kuras menemukan lahan kosong bekas diimas atau ditebas beserta kebun kelapa sawit berumur dua tahun telah terbakar.

Diperkirakan luas lahan yang dihanguskan si jago merah mencapai tiga hektar. Petugas melihat ada rumah atau pondok di dekat areal yang terbakar tersebut. Ada dua pria berinisial JN dan RH yang sedang berada di pondok tersebut.

Tersangka JN selaku pemilik lahan mengakui bahwa lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan miliknya dan sebagian telah merambat kelahan orang lain.

Api itu berasal dari lahannya yang muncul lantaran JN membakar kayu untuk memasak air minum. Namun tidak diduga menjadi membesar hingga merambat ke kebun lainnya.

Libur Sekolah di Pelalawan Riau Kembali Diperpanjang Satu Bulan ke Depan, Penyebabnya Covid-19

9 Tahanan Inkrah Dipindah ke Rutan Rumbai,Kejari Pelalawan Terima 83 Perkara Pidum Selama Pandemi

"JN diamankan ke mapolsek Pangkalan Kuras untuk diproses lebih lanjut. Sedangkan rekannya menjadi saksi," tambah Edy Haryanto.

Adapun barang bukti yang disita petugas yakni dua buah cangkul, tiga bongkhan kayu yang sudah terbakar, dan sebukah parang. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved