Breaking News:

Salju di Gunung Ini Mendadak Jadi Merah Muda, Di Tempat Lain Berwarna Hijau, Apa Penyebabnya?

Tidak hanya membuat warna salju menjadi lebih gelap, keberadaan tanaman itu juga dikhawatirkan akan membuat salju menjadi lebih cepat mencair.

Miguel Medina/AFP via Kompas.com
Para ilmuwan di Italia tengah meneliti munculnya es berwarna pink di Pegunungan Alpen, tepatnya di Passo Gavia ketinggian 2.618 mdpl. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ada yang berbeda dengan salju di Pegunungan Alpen yang masuk wilayah Italia. Jika umumnya salju berwarna putih, maka salju di sana mengalami perubahan dari putih menjadi merah muda.

Perubahan warna ini diketahui karena adanya tumbuhan alga di kawasan itu yang membuat warna salju menjadi lebih gelap.

Dikutip dari The Guardian, Senin (6/7/2020), salju berwarna merah muda ini diamati ada di bagian sungai es atau gletser Presena, Alpen.

Tidak hanya membuat warna salju menjadi lebih gelap, keberadaan tanaman itu juga dikhawatirkan akan membuat salju menjadi lebih cepat mencair. 

Peneliti di Italia yang menginvestigasi fenomena alam tak biasa itu menyebut jumlah alga meningkat drastis akibat efek perubahan iklim.

Masih menjadi perdebatan dari mana alga-alga ini berasal.

Namun, peneliti dari Badan Penelitian Nasional Italia, Biagio Di Mauro, mengatakan, alga yang menyebabkan perubahan warna salju di kawanan Presena ini mirip dengan jenis tumbuhan yang sama yang ditemukan di Greenland.

Di Greenland, tumbuhan ini banyak ditemukan sehingga wilayah itu disebut sebagai Zona Hitam. Pencairan es lebih cepat juga terjadi di sana.

“Alga itu tidak berbahaya. Itu adalah fenomena alam yang terjadi selama musim semi dan panas di tengah wilayah Bumi yang dilalui garis lintang juga di bagian kutub," kata Di Mauro.

Halaman
12
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved