Breaking News:

Sejak 12 Juni, Tidak Ada Lagi Kasus Baru Covid-19 dari Klaster Pasar Raya Padang

Sejak 12 Juni 2020, tidak ada lagi penambahan kasus baru positif Covid-19 dari klaster Pasar Raya Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

tribun padang
Kondisi Padang Teater Lantai 2 di Pasar Raya Padang saat ini. Lantai dua pasar legendaris di Kota Padang ini akan dibersihkan dan akan dijadikan pusat kuliner. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sejak 12 Juni 2020, tidak ada lagi penambahan kasus baru positif Covid-19 dari klaster Pasar Raya Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

"Sudah mulai menghilang. Sejak 12 Juni lalu tidak ada kasus baru lagi," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree Algamar saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/7/2020).

Satu Malam Tak Pulang dan Sulit Dihubungi, Wanita Ini Ditemukan Tewas di Penginapan

Menurut Andree, sejak ditemukan kasus pertama Covid-19 dari klaster Pasar Raya Padang pada 11 April 2020 lalu, Pemerintah Kota Padang langsung mengambil langkah antisipasi.

"Sempat ditutup selama lima hari untuk dilakukan penyemprotan disinfektan. Kemudian tidak ada lagi penutupan pasar," kata Andree.

Andree menyebutkan, setelah ditemukan kasus baru, Pemkot Padang kemudian melakukan tracing terhadap kontak pasien positif.

Proses tracing berlangsung cepat dengan dilakukan tes swab terhadap 2.628 pedagang, petugas dinas Perdagangan dan orang-orang yang kontak dengan pasien positif dari klaster Pasar Raya Padang.

"Semua pedagang kita swab dan begitu juga orang-orang hasil tracing. Hasilnya memang jumlah kasus membengkak, tapi itu bagus karena mayoritas yang kita dapat adalah orang tanpa gejala," kata Andree.

Bayi Dijual Rp 20 Juta, Ibu Kandung Tak Sanggup Lagi Membiayai, Sang Bayi Akhirnya Diambil Pihak Ini

Dari klaster Pasar Raya Padang ini akhirnya ditemukan 248 kasus dengan rincian 89 pedagang, 16 petugas kedinasan dan 143 orang lainnya dari hasil tracing.

"Alhamdulillah sekarang sudah landai. Tidak ada lagi kasus baru sejak 12 Juni lalu," kata Andree.

 
Halaman
12
Editor: M Iqbal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved