Breaking News:

Olahraga Lokal

Data Sementara Jumlah Atlet Riau Yang Tampil di PON Papua 174 Orang, KONI Sebut Berpeluang Bertambah

Jumlah atlet Riau yang akan dikirim ke PON XX Papua tahun 2021 mendatang, sebanyak 174 orang. Namun jumlah ini masih data sementara.

tribun pekanbaru
Ilustrasi salah satu cabang olah raga 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jumlah atlet Riau yang akan dikirim ke PON XX Papua tahun 2021 mendatang, sebanyak 174 orang. Namun jumlah ini masih data sementara.

Sebab, masih ada beberapa cabor yang masih kisruh soal atletnya, yang mendapat tiket ke PON Papua. Tapi oleh PB-nya dikurangi kuotanya.

Karenanya, PB PON masih memberikan waktu untuk penetapan atlet PON ini, hingga beberapa bulan ke depan. Ketua KONI Riau Emrizal Pakis, Minggu (12/7/2020) mengatakan, kemungkinan besar, jumlah 174 orang ini akan bertambah, jika persoalan cabor ini selesai.

"Yang masih bermasalah itu seperti cabor anggar dan cabang atletik," kata Emrizal kepada Tribunpekanbaru.com.

Cabor anggar sendiri, lanjut Emrizal, dari 20 atlet yang dinyatakan lolos dan mendapatkan tiket ke PON Papua, oleh PB Ikasi, dikurangi jatah atletnya menjadi 15 orang. Artinya, ada pengurangan 5 atlet.

Pengprov Ikasi sendiri melakukan pengurangan 5 atlet tersebut, yang masing-masing 3 atlet dari Bengkalis dan 2 dari Pekanbaru. Belakangan, 2 atlet Pekanbaru menolak dicoret dari skuad anggar PON Riau.

Pemprov Riau Serahkan BLK Pekanbaru dan Dumai ke Pemerintah Pusat, Ini Tujuannya

Kabar Buruk Bagi Warga China yang Bekerja di Luar Negeri, Siap-siap Bayar Pajak ke Tiongkok!

Build Item Hero Barts, Hero Terbaru Mobile Legend Bulan JULI 2020, Bisa Tank & Fighter

Oleh KONI Pekanbaru, yang menjadi tempat atlet dan pelatih anggar melaporkan ikhwal ini, langsung berkoordinasi dengan KONI Riau. Hasilnya, KONI Riau menyarankan agar KONI Pekanbaru mempertanyakan hal ini langsung ke PB Ikasi.

Terakhir KONI Riau juga melayangkan surat ke PB Ikasi, mempertanyakan persoalan ini. KONI Riau meminta kepada PB Ikasi, agar mengirimkan semua atlet Riau yang lolos PON, yakni 20 orang.

"Jawaban PB Ikasi ini kita tunggu. Mudah-mudahan direalisasikan. Jika demikian, maka jumlah atlet kita kan bertambah," jelasnya.

Selain anggar, sebut Emrizal lagi, cabor atletik juga akan diperjuangkan untuk tetap pada kuota yang lolos. Awalnya, data atlet atletik yang dinyatakan mendapat tiket ke PON Papua, hasil Porwil di Bengkulu 2019 lalu, sebanyak 11 atlet.

Namun beberapa waktu lalu, satu atlet putri nomor lari, atas nama Yanita Sari mengundurkan diri karena hamil. Sementara untuk atlet atletik lagi, yang mengalami kecelakaan hingga cacat seumur hidup atas nama Reni, memang sejak awal ditetapkan tidak masuk tim PON Riau.

"Khusus atlet Yanita Sari ini, akan kita coba diskusikan lagi ke PB Atletik. Apakah ada solusinya. Ini yang kita tunggu nanti jawabannya," aku Emrizal.

Seperti diketahui, jumlah 174 atlet Riau yang akan tampil di PON XX Papua nanti, dari 37 cabor sesuai dengan yang dipertandingkan di pesta multi event pada Oktober 2021.

( Tribunpekanbaru.com / Syafruddin Mirohi)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved