Berita Riau

Ada Aktivitas Ilegal Loging di Hutan Penyangga Taman Nasional Zamrud, Begini Kata Kepala BBKSDA Riau

Jika dilihat dari lokasi aktivitasnya, belum menyentuh kawasan TN Zamrud. Titik ilegal loging itu masih berada di zona kuning atau kawasan penyangga

TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Bupati Siak Alfedri, Kepala BBKSDA Riau Suharyono dan Kepala Dinas PU Siak Irving Kahar serta jajaran melambaikan tangan dari tengah sungai rawa yang dipenuhi tumbuhan bakung, saat ekspedisi menuju TN Zamrud, Sabtu (11/7/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Saat menyusuri Sungai Rawa, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono langsung menyaksikan jejak aktivitas ilegal loging di Taman Nasional (TN) Zamrud, Sabtu (11/7/2020). .

Maraknya aktivitas pemalakan liar di kawasan penyangga tersebut dilakukan pelaku di perbatasan Sungai Apit-Dayun.

Temuan beberapa gubuk pelaku, kayu-kayu yang sudah ditebang itu menjadi cacatan tersendiri Suharyono saat ikut eksebisi menyusuri Sungai Rawa menuju TN Zamrud itu.

Sebab, jika dibiarkan maka bisa mengancam eksistensi kawasan TN Zamrud.

Harga Sepeda Lipat, Pasific hingga Polygon Bike, Harga Mulai Rp 4 Jutaan

Jumlah Janda Muda di Wilayah Ini Mencapai Ratusan Orang, Umurnya Rata-rata 30 Tahun an

Kakak Beradik Tewas Berpelukan, Badan Hangus Terbakar, Ibunya Juga Tewas di Kamar Mandi

"Faktanya masih ada saudara kita yang melakukan kegiatan ilegal loging, yang sebenarnya memang tidak boleh dilakukan," kata Suharyono menjawab Tribunpekanbaru.com.

Menurut dia, jika dilihat dari lokasi aktivitasnya, belum menyentuh kawasan TN Zamrud. Titik aktivitas ilegal loging itu masih berada di zona kuning atau kawasan penyangga TN Zamrud.

"Saya lihat itu berada dalam kawasan hutan produksi terbatas. Apapun aktivitas di atasnya tetap ada izin, jadi tidak dibenarkan menebang kayu apapun jenisnya tanpa izin," kata dia.

Terkait hal itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi lain, termasuk dengan kepolisian.

Ia juga menyebut tidak akan berhenti melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak lagi melakukan ilegal loging.

"Kita juga melaksanakan kegiatan baik secara preventiv, preemtiv, dan terakhir represif. Kita akan terus tingkatkan ini di kawasan TN Zamrud agar hutan ini terjaga dan tidak mengurangi kelestariannya," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved