Breaking News:

Bupati Catur dan Sejumlah Tokoh di Kampar Batal Divaksin Hari Jumat Ini, Mengapa?

Sejumlah tokoh masyarakat yang diagendakan dilakukan vaksinasi hari ini di Kampar, Jumat (15/1/2021) batal disuntik.

Penulis: Ikhwanul Rubby | Editor: Ariestia
Istimewa
Vaksinasi Covid-19 di Kampar. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Sejumlah tokoh masyarakat yang diagendakan dilakukan vaksinasi hari ini di Kampar, Jumat (15/1/2021) batal disuntik.

Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto salah satu yang batal ikut vaksinasi.

Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto mengatakan dirinya batal divaksin karena tingginya tekanan darah saat dilakukan screaning.

Ia mengaku tadi malam sempat kurang tidur karena melakukan ibadah malam hingga menjelang waktu subuh.

Selain itu dirinya mengaku saat ini sedang mengkonsumsi obat tensi.

Sementara itu, Kejari Kampar, Suhendri juga batal divaksin karena saat di screaning, tekanan darah bersangkutan tinggi.

Ia juga mengaku saat ini tengah mengkonsumsi obat pengencer darah untuk permasalahan kesehatannya.

Kepala Dinas Kesehatan Dedy Sambudi menuturkan sejumlah tokoh masyarakat yang batal dilakukan vaksinasi hari ini akan dijadwalkan kembali.

"Paling tidak Senin atau Selasa pekan depan dijadwalkan kembali," ungkapnya.

Terkait vaksin ia menuturkan mulai hari ini vaksin sudah di distribusikan ke Puskesmas yang ada di Kabupaten Kampar.

Ia menuturkan setiap faskes perharinya bisa melakukan vaksinasi untuk 20 orang.

Para tenaga kesehatan jadi prioritas pemberian vaksin untuk tahap awal ini.

"Para tenaga kesehatan yang sudah terdaftar dan menerima pemberitahuan diminta agar mengikuti proses vaksinasi. Jangan ada rasa takut," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan vaksinasi dilakukan ke setiap orang sebanyak 2 kali.

Setelah vaksin yang pertama, 14 hari kemudian dilanjutkan dengan pemberian vaksin kedua.

Tokoh Riau Sudah Disuntik Vaksin Perdana Kemarin, Berikut Jadwal untuk Masyarakat Umum

Meski sejumlah nama gagal divaksin pada hari pertama pelaksanaan vaksin, Kamis (14/1/2021), namun sejumlah tokoh tampak antusias menjalani proses penyuntikan vaksin di RSUD Arifin Ahmad.

Setelah Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI M Syeh Ismet yang menjadi orang pertama di Riau disuntik vaksin, diikuti oleh sejumlah tokoh lainya.

Diantaranya Wakajati Riau, Daru Tri Sadono, diurutan ketiga adalah anggota komisi V dari fraksi PAN DPRD Riau, Ade Hartati, keempat adalah Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, kelima Dirut RSUD Arifin Ahmad dr Nuzelly, kemudian Jubir Satgas Covid-19 dr Indra Yovi.

Kemudian diurutan ketujuh adalah sampai ke adalah perwakilan dari BPJS kesehatan Eddi Sulistianto, kedelapan Indri Iriyanto perwakilan umat katolik, kesembilan dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Riau, Ayu Handayani dan kesepuluh perwakilan dari BPOM Riau, Veronika Ginting.

Selain nama-nama tersebut, disaat bersamaan juga dilaksanakan penyuntikan vaksin kepada sejumlah perwakilan lembaga, instansi hingga perwakilan mahasiswa dan kalangan milenial.

"Didata ada 21 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau disela kegiatan pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19 di ruang serba guna RSUD Arifin Ahmad Riau, Kamis (14/1/2021).

Setelah para tokoh masyarakat, pemerintah, lembaga dan instasi ini selesai divaksin, selanjutnya akan dilanjutkan untuk tenaga kesehatan.

Mimi mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi kepada petugas kesehatan dilakukan secara bertahap yang dimulai Kamis (14/1/2021) hari ini.

"Sedangkan untuk masyarakat nanti akan dilaksnakaan April 2021 sampai Maret 2022. Jadi untuk priode januari sampai maret 2021 ini khusus untuk tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik," ujar Mimi. (Tribunpekanbaru.com/Ikhwanul Rubby/Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved