Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Hasil Hearing, Pengelolaan Pasar Bawah Masih Semraut, Komisi I DPRD Pekanbaru Segera Panggil PT DPI

Komisi I DPRD Pekanbaru sudah menggelar hearing, dengan pedagang Pasar Bawah Pekanbaru, Senin kemarin.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir
Pasar Bawah Pekanbaru. Komisi I DPRD Pekanbaru sudah menggelar hearing, dengan pedagang Pasar Bawah Pekanbaru, Senin kemarin. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi I DPRD Pekanbaru sudah menggelar hearing, dengan pedagang Pasar Bawah Pekanbaru, Senin kemarin.

Hasilnya, pedagang melaporkan bahwa pengelolaan Pasar Bawah masih dinilai semraut.

Padahal kontrak pengelolanya hampir habis.

Di antara aspirasi pedagang, bahwa Pengelola Pasar Bawah Pekanbaru PT Dalena Pratama Indah (DPI), mengubah fungsi beberapa tempat, seperti halnya musolla dijadikan kios, lahan parkir di basement dijadikan tempat jualan hingga adanya kios di samping pos.

"Ya, semua aspirasi pedagang Pasar Bawah sudah kami terima. Tentunya, akan kami tindaklanjuti," kata Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Doni Saputra kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (6/4/2021).

Komisi I, lanjut Doni, akan memanggil manajemen PT DPI dalam waktu dekat ini, untuk dilakukan rapat dengar pendapat (hearing).

Fokus yang akan dipertanyakan nanti mengenai keluhan pedagang, yang sudah diterima pihaknya.

Kenapa manajemen tidak mengembalikan fungsi Pasar Bawah seperti seharusnya.

"Sebenarnya ini kan masalah lama. Apalagi masalah basement jadi lapak jualan. Seharusnya kan jadi tempat parkir kendaraan. Ini lah nanti yang akan kita pertanyakan, kenapa demikian. Termasuk nanti respon dari OPD terkait, akan kita pertanyakan," tegasnya.

Sebagai pasar wisata, yang sudah menjadi icon Kota Pekanbaru, pengelolaan dan penataan Pasar Bawah harusnya semakin cantik.

Apalagi tidak hanya masyarakat Indonesia tahu dengan Pasar Bawah, tapi masyarakat manca negara seperti halnya Malaysia dan Singapura, sering berkunjung ke Pasar Bawah.

"Tidak ada progres penataan pengelolaan yang bagus dari pengelola. Apa yang salah di sini. Makanya, melalui rapat kerja nanti, kita harapkan pengelola baru, ada peningkatan yang signifikan. Terutama mengenai hak pedagang, agar bisa mereka terima semestinya," sebut Politisi PAN ini.

Sebelumnya, Persatuan Pedagang Pasar Wisata Pasar Bawah, mendatangi Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Senin (5/4/2021).

Mereka mengadukan persoalan yang sudah lama mereka alami.

Ketua Persatuan Pedagang Tradisional Pasar Wisata Pasar Bawah, Asri menjelaskan, bahwa di masa transisi jelang pengalihan kepengelolaan baru, pengelola lama berkewajiban untuk mengembalikan fungsinya seperti semula, sebelum penyerahan kepada pihak pemko.

Seperti basement bawah yang sudah menjadi tempat jualan pedagang kaki lima, mushala tiap lantai dijadikan kios, dan sampai saat ini eskalator dari lantai dua ke lantai tiga tidak diperbaiki.

"Pasar kita ini icon dan sebagai aset Kota Pekanbaru. Banyak orang berkunjung dari berbagai penjuru, tapi ironis kondisi ya," kata Asri. Pedagang berharap, Pengelola baru nanti, bisa berpihak kepada mereka. (Tribunpekanbaru.com/ Syafruddin Mirohi).  

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved