Breaking News:

Daftar Kejahatan KKB Papua 10 Tahun Terakhir hingga Ditetapkan Sebagai Teroris, Capai 118 Kasus

Berikut daftar kejahatan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua 10 tahun terakhir hingga ditetapkan Pemerintah Indonesia sebagai Teroris

Youtube Tribun Timur
Daftar Kejahatan KKB Papua 10 Tahun Terakhir hingga Ditetapkan Sebagai Teroris, Capai 118 Kasus. Foto: KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya tantang ajak perang TNI-Polri. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Berikut daftar kejahatan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua 10 tahun terakhir hingga ditetapkan Pemerintah Indonesia sebagai Teroris .

Mengenai daftar kejahatan KKB Papua 10 tahun terakhir hingga ditetapkan Pemerintah Indonesia sebagai Teroris itu dibeberkan Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani .

Setidaknya, terdapat 118 kasus kejahatan yang masuk dalam daftar kejahatan KKB Papua 10 tahun terakhir hingga ditetapkan Pemerintah Indonesia sebagai Teroris.

Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani mengatakan, bahwa penyebutan KKB Papua sebagai organisasi Teroris dilakukan berdasarkan pertimbangan matang.

Keputusan diambil dengan memperhatikan masukan dan analisis dari berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar pemerintah.

"Berdasarkan fakta-fakta tindakan kekerasan secara brutal dan masif di Provinsi Papua selama beberapa waktu terakhir yang menyasar masyarakat sipil, (termasuk pelajar, guru, tokoh adat) dan aparat, yang dilakukan oleh KKB Papua ," ujar Jaleswari dalam siaran pers KSP pada Jumat (30/4/2021).

Selain itu, menurut dia data dari Gugus Tugas Papua PPKK Fisipol UGM juga menyebutkan bahwa selama 10 tahun terakhir sejak 2010 sampai 2020, pelaku kekerasan di Papua adalah KKB Papua (118 kasus), dibandingkan oleh TNI (15 kasus) dan Polri (13 kasus).

Berdasarkan penuturan Bupati Kabupaten Puncak Willem Wandik, KKB Papua telah melakukan serangkaian kekerasan di wilayah Kabupaten Puncak sejak awal tahun ini. 

Diantaranya yakni: Pembunuhan tukang ojek di Kampung Ilambet, Ilaga tanggal 9 Februari 2021;

Pembacokan perempuan di Kampung Juguloma, Beoga tanggal 18 Februari 2021;

Halaman
1234
Penulis: pitos punjadi
Editor: Nolpitos Hendri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved