Breaking News:

Sore Ini Terjadi Gerhana Matahari Cincin, Saksikan Tayangan Live Streaming di Sini

Sore ini akan terjadi fenomena alam, Gerhana Matahari Cincin, bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.

Editor: Ilham Yafiz
TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
Proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang dilihat dari tepian pantai Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak,Kamis (26/12/2019) silam. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sore ini akan terjadi fenomena alam, Gerhana Matahari Cincin, bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.

Live streaming gerhana matahari cincin dapat disaksikan mulai sore nanti waktu Indonesia.

Berselang dua minggu dari peristiwa Gerhana Bulan Total 26 Mei lalu, hari ini akan terjadi fenomena Gerhana Matahari Cincin.

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan bergerak di antara Matahari dan Bumi, sehingga menimbulkan bayangan di Bumi.

Dilansir Nasa.gov, pada gerhana cincin hari ini, posisi Bulan cukup jauh dari Bumi sehingga Bulan tampak lebih kecil dari Matahari di langit.

Bulan tidak menghalangi seluruh pandangan Matahari, dan ini akan terlihat seperti piringan gelap di atas piringan terang yang lebih besar sehingga akan terlihat seperti cincin api di sekitar Bulan.

Daerah yang Bisa Mengamati

Indonesia tak kebagian penampakan Gerhana Matahari Cincin Api nanti.

Laporan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN), fenomena ini bisa disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin di Kanada.

Selain itu fenomena ini juga dapat dilihat di Siberia, Rusia.

Itu juga sama dengan yang dilaporkan Nasa, bahwa GMC hanya akan dapat dilihat secara langsung di beberapa di bagian belahan Bumi bagian utara.

Di beberapa tempat, orang-orang bahkan tidak akan bisa melihat gerhana matahari cincin ini, mereka malah akan bisa mengalami matahari sebagian.

Hal ini terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tidak sejajar dan Matahari akan tampak memiliki bayangan gelap hanya di sebagian permukaannya.

Di wilayah bagian timur Amerika Serikat dan Alaska utara akan melihat gerhana matahari parsial pada 10 Juni, bersama dengan sebagian besar Kanada dan sebagian Karibia, Eropa, Asia, dan Afrika utara.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved