Breaking News:

Manfaat Tumbuhan

Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung, Simak Cara Mengobatinya

Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung. Cara mengobati asam lambung dengan kunyit cukup praktis dan sederhana.

Editor: M Iqbal
Unsplash / @foodism360
Kunyit 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kunyit adalah salah satu jenis rempah – rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan. 

Selain itu, tanaman asli dari wilayah Asia Tenggara ini banyak digunakan untuk kesehatan sebagai obat.

Kunyit dipercaya ampuh digunakan sebagai obat asam lambung alami. 

Sebelum mengupas cara mengobati asam lambung dengan kunyit, simak penjelasan manfaat kunyit untuk asam lambung berikut. 

Dilansir Kontan.co.id dari Healthline, kunyit adalah bahan alami yang banyak mengandung senyawa antiperadangan dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional China dan Ayurveda, kunyit dipercaya bisa mengobati nyeri haid, radang sendi, sampai menjaga kesehatan pencernaan. 

Beragam manfaat kunyit untuk kesehatan tersebut terkait dengan kandungan zat curcumin di dalam rempah berwarna kuning ini. Curcumin adalah jenis antioksidan polifenol. Antioksidan ini bertindak sebagai agen antivirus, antibakteri, dan potensial sebagai zat antikanker. 

Beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan, manfaat kunyit dapat digunakan untuk mengatasi gejala asam lambung naik seperti heartburn (sakit perut atas sampai ke dada).  

Penelitian pada 2007 menyebutkan, GERD atau penyakit asam lambung kronis disebabkan peradangan dan stres oksidatif. Dari studi tersebut, mengobati asam lambung dan GERD perlu menggunakan zat dengan kandungan antioksidan dan antiinflamasi seperti kunyit. 

Studi laboratorium terpisah pada 2011 juga menunjukkan, zat antiinflamasi curcumin dapat mencegah peradangan esofagus yang disebabkan naiknya asam lambung ke tenggorokan. 

Kendati sudah ada beberapa penelitian potensi manfaat kunyit sebagai obat asam lambung alami, sayangnya hingga kini belum ada studi khusus pada manusia yang menguji efektivitas kunyit untuk penyakit asam lambung. 

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved