Breaking News:

Opini

Pelestarian Budaya Melalui Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran 

Era globalisasi Abad 21 di satu sisi memberikan peluang tersendiri bagi bangsa Indonesia untuk untuk unjuk gigi dalam kancah internasional

Editor: rinalsagita
istimewa
Rikizaputra, M.Pd 

Pelestarian Budaya Melalui Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran 

Oleh: Rikizaputra, M.Pd (Dosen FKIP Universitas Lancang Kuning/Mahasiswa Doktor Pendidikan IPA UNP)

Era globalisasi Abad 21 di satu sisi memberikan peluang tersendiri bagi bangsa Indonesia untuk untuk “unjuk gigi” dalam kancah internasional dengan berbagai sumber daya yang dimilikinya.

Karena era globalisasi menuntut saling keterbukaan dan mempermudah arus informasi antar negara melalui kemajuan teknologi yang menyertainya.

Dan bangsa Indonesia harus mampu mengelola sumber daya yang ada, terutama sumber daya manusianya.

Namun di sisi lain, arus globalisasi yang melanda dunia juga memberikan tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia, agar tidak menggerus jati diri kita sebagai sebuah bangsa.

Jati diri Indonesia sebagai sebuah bangsa salah satu adalah berbagai tradisi, kearifan lokal atau budaya yang dimilikinya, karena dengan ini kita merasa bangga sebagai sebuah bangsa.

Laju dan bebasnya arus informasi, pemikiran dan teknologi dari luar masuk ke Indonesia, lama kelamaan akan menggerus budaya bangsa jika tidak ada upaya yang sistematis untuk membentenginya.

Keragaman budaya atau tradisi yang dimiliki bangsa Indonesia tidak hanya ada pada aspek sosial saja, tetapi banyak tradisi bangsa yang terkandung dalam aspek sains yang belum tergali dan tersosilisasikan, pada hal banyak sains asli masyarakat (indigenous science) berupa tradisi atau kearifan lokal yang berkembang di masyarakat yang disampaikan turun temurun tentang bagaimana bersikap terhadap alam.

Sistem pendidikan yang berorientasi pada budaya dan tradisi bangsa sangat diperlukan, ujung tombak dari sistem pendidikan tersebut adalah sistem pembelajaran.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved