Breaking News:

Kode QR Presiden Dibuat Ngeprank,Pemuda Prancis Masuk Rumah Sakit Pakai Data Vaksin Macron,Ketahuan?

Seorang pemuda di Prancis, nyalinya besar saat ngeprank masuk rumah sakit paka kode QR data vaksin Presiden Emmanuel Macron

Editor: Nurul Qomariah
ANGELOS TZORTZINIS / AFP
Data vaksin Presiden Prancis Emmanuel Macron dipakai seorang pemuda untuk masuk rumah sakit, ketahuan? 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ada-ada saja ulah seorang pemuda di Prancis, nyalinya besar saat ngeprank masuk rumah sakit paka kode QR data vaksin Presiden Emmanuel Macron.

Meski berhasil masuk rumah sakit yang dituju, pemuda tersebut akhirnya harus berurusan dengan pihak berwajib setempat.

Pemuda berusia 19 tahun itu telah ditangkap dan didenda karena mencoba memasuki rumah sakit menggunakan data izin kesehatan berupa paspor vaksin Presiden Emmanuel Macron yang telah bocor secara online.

Ia mengaku menyamar sebagai Presiden 'hanya untuk bersenang-senang'.

Dikutip dari Russia Today, Senin (11/10/2021), remaja berusia 19 tahun itu menunjukkan QR code Macron di pintu sebuah rumah sakit di Marseille pada awal pekan ini.

Namun ini tidak membuat petugas keamanan rumah sakit tersebut tertipu, karena petugas ini membiarkannya masuk sebelum akhirnya memanggil polisi.

Remaja tersebut kemudian ditangkap dan dibawa ke kantor polisi.

Nasib pemuda itu masih beruntung. Karena ia dibebaskan dan hanya didenda karena 'menyajikan dokumen kesehatan milik pihak ketiga'.

Ketika ditanya, remaja itu mengatakan dirinya tidak memiliki 'kartu kesehatan' sendiri, dan memutuskan untuk menggunakan data Macron 'hanya untuk bersenang-senang'.

Sekadar informasi, sebelumnya data Macron bocor secara online pada bulan lalu.

Kebocoran ini diduga dilakukan oleh petugas kesehatan yang memiliki akses ke database vaksinasi pemerintah.

Selain itu, terdapat pula data Perdana Menteri (PM) Prancis Jean Castex.

Investigasi langsung diluncurkan setelah terjadinya kebocoran itu, sementara itu QR code Macron dan Castex telah dinonaktifkan.

Diperkenalkan selama musim panas, sistem 'kartu kesehatan' Prancis mewajibkan warga menunjukkan bukti vaksinasi atau tes virus corona negatif mereka untuk bisa mengakses bar, restoran, pusat perbelanjaan maupun transportasi umum, diantara lokasi lainnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved