Breaking News:

Berita Siak

Bupati Siak Targetkan Capaian Vaksinasi 70 Persen Tercapai Akhir Desember 2021

Bupati Siak Alfedri didampingi Asisten Admin Kesra Setdakab Siak L Budhi Yuwono memimpin rapat percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 virtual Rabu

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Pemkab Siak
Bupati Siak Alfedri menyimak penjelasan Jubir Satgas Covid 19 Kabupaten Siak L Budhi Yuwono sebelum rapat percepatan vaksinasi Covid 19 digelar, Rabu (8/12/2021) di ruangan Bandar Siak, kantor bupati Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri didampingi Asisten Admin Kesra Setdakab Siak L Budhi Yuwono memimpin rapat percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Rabu (8/12/2021) secara virtual di ruang bandar Siak.

Rapat itu diikuti oleh camat, lurah dan penghulu se kabupaten Siak.

"Rapat yang kita lakukan hari ini, tindak lanjut dua rapat Forkopinda Riau yang berlangsung beberapa waktu lalu, dan rakor Forkompinda kabupaten Siak yang berlangsung Selasa, (7/12) pagi kemarin, yang membahas capaian percepatan vaksinasi di kabupaten Siak," kata Alfedri.

Dalam rapat itu, Alfedri menegaskan bagaimana capaian vaksinasi di kabupaten Siak dalam kurun waktu 22 hari ke depan mencapai target 70 persen.

Ia menyadari dibutuhkan kerjasama semua pihak dari para lurah, penghulu, camat, dinas kesehatan atau tenaga medis, TNI dan Polri. Ia juga berharap masyarakat mendukung penuh upaya ini.

"Target capaian vaksinasi kita masih rendah, baru mencapai 47,98 persen. Atau sekitar 172 ribu jiwa dari total target kita 344 ribu jiwa,” kata Alfedri.

Ia menegaskan, seharusnya saat ini target 70 persen sudah tercapai. Namun karena kekurangan stok vaksin sehingga capaian masih jauh dari target.

“Kita diperintahkan pusat harus menyelesaikan vaksinasi sampai akhir Desember 2021, minimal harus mencapai 70 persen vaksinasi di masing-masing kabupaten Kota di Provinsi Riau," katanya.

Masih ada waktu 22 hari untuk menyelesaikan 181 ribu atau sekita 52 persen masyarakat yang belum divaksin.

Pihaknya juga mulai melakukan pencanangan pekan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Siak yang dimulai di kecamatan Tualang.

"Gubernur mengintruksikan kita di kabupaten agar kejar target vaksinasi hingga akhir Desember 2021 ini. Secara nasional program untuk Riau awal Desember ini ditargetkan 100 persen. Tentu ini menjadi perhatian kita semua bagaimana capaian vaksinasi ini sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya," kata dia.

Selain itu kata dia, untuk mengantisipasi gelombang ketiga wabah Covid 19 dan ancaman varian baru B.1.1.529 atau Omicron menjadi salah satu perhatian dunia. Varian ini berbahaya dibandikan dengan varian Covid-19 lainnya.

“Varian ini kabarnya sudah ditemukan di Singapura, inikan dekat dengan kita," kata dia.

Mengantisipasi ancaman itu, pihaknya harus mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Herd Immunity dapat terbentuk jika 70 persen dari masyarakat di wilayah baik kecamatan dan kabupaten sudah divaksin.

"Saya berharap dengan kerja keras kita bersama-sama dan berbagai strategi dan langkah-langkah dan terobosan, bisa kita lakukan bersama,"pintanya. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved