Breaking News:

Berita Siak

Pemkab Siak Siapkan Pemberian Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Pemkab Siak mulai mempersiapkan pemberian vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Wabup Siak Husni Merza dan Kepala Dinas Kesehatan Siak Raja Tonny Chandra berbincang tentang persiapan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Kamis (6/1/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pemkab Siak mulai mempersiapkan pemberian vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Hal tersebut dilakukan berdasarkan surat keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.01.07/Menkes/6688/2021.

Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan, vaksin yang diberikan adalah Bio Farma dan/atau Coronavac.

Vaksin tersebut harus mendapatkan persetujuan Emergency Use Autorization, nomor izin edar dari BPOM dan fatwa MUI. Vaksin tersebut diberikan sebanyak dua kali dengan interval minimal 28 hari.

“Vaksinasi anak usia 6-11 tahun merupakan langkah positif dari pemerintah dalam rangka melindungi anak dari Covid-19. Selain itu, untuk meningkatkan rasa percaya diri orang tua ketika anak akan memulai pembelajaran tatap muka di sekolah,” kata Husni, Kamis (6/1/2022).

Ia meminta masyarakat agar mendukung vaksinasi anak 6-11 tahun ini. Supaya ada keyakinan aman dari orang tua untuk mengantarkan anaknya belajar tatap muka di sekolah.

“Supaya orang tua tidak khawatir lagi saat anak belajar di sekolah, karena sudah terlindungi oleh vaksin Covid-19,” ujar Husni.

Husni juga mengatakan untuk memulai vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun ini, diperlukan data jumlah anak usia 6-11 tahun per Kecamatan/Desa dari Disdukcapil. Kemudian data dari Dinas Pendidikan, terkait jumlah peserta didik di tingkat Sekolah Dasar Negeri maupun Swasta per Kecamatan.

"Saya tidak ingin kesalahan yang sudah kita lakukan baik disengaja maupun tidak disengaja terulang lagi di tahun 2022 ini. Intinya evaluasi kita ingin melihat dan memperbaiki kinerja kita kedepan, tadi saya menanyakan masalah data dan saya ingin ini diatur strateginya dengan baik,” kata dia.

Husni berharap, pada 2022 ini capaian target vaksinasi Kabupaten Siak mencapai 70 persen dari jumlah penduduk, bukan hanya 70 persen dari jumlah target yang sudah tercapai. Karena pada dasarnya Herd Immunity itu lebih kepada 70 persen dari jumlah penduduk telah menerima vaksin.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved