Breaking News:

Berita Riau

PDI Perjuangan Riau Resmi Buka Pendaftaran dan Penjaringan Bakal Caleg, Silahkan Daftar

PDI Perjuangan Riau secara resmi membuka pendaftaran dan penjaringan bakal Caleg.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ariestia
Istimewa
PDI Perjuangan Riau secara resmi membuka pendaftaran dan penjaringan bakal Caleg. FOTO: Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, Kaderismanto 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - PDI Perjuangan Riau secara resmi membuka pendaftaran dan penjaringan bakal Caleg.

Bedasarkan keputusan rapat DPD PDI Perjuangan bersama seluruh DPC akhirnya memutuskan membuka secara resmi penjaringan bakal Calon Legislatif (Caleg) untuk seluruh Riau, serentak pendaftaran dimulai Senin (12/9/2022).

Pendaftaran ini dibuka untuk tiga tingkatan yaitu DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Hal ini disampaikan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, Kaderismanto.

"Hari ini kami dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau resmi membuka pendaftaran dan penjaringan Bakal Calon Anggota Legislatif di semua tingkatan. Sesuai Perintah ibu ketua umum Hj. Megawati Soekarno Putri,"ujar Kaderismanto.

Instruksi ini disampaikan melalui surat dari DPP PDI Perjuangan Pendaftaran dan penjaringan dilakukan hingga 30 September 2022 mendatang.

"Penjaringan ini juga dilakukan salah satunya karena tingginya respon masyarakat terhadap PDI Perjuangan yang selama ini berjuang bersama masyarakat," jelas Kaderismanto.

Disampaikannya, PDI Perjuangan Provinsi Riau membuka seluas-luasnya kepada individu, tokoh masyarakat di Provinsi Riau untuk mengikuti pendaftaran dan penjaringan PDI Perjuangan Provinsi Riau ini.

"Tentunya kepada setiap kader dan simpatisan, baik itu tokoh masyarakat yang memiliki basis masa dan yang memiliki pengaruh di masyarakat, kita persilahkan dan kita buka seluas-luasnya,"ujarnya.

Dijelaskannya, pendaftaran dan penjaringan dilakukan sebagai upaya mendapatkan para Bakal Calon Anggota Legislatif yang lebih baik dalam upaya melakukan perubahan serta mendapatkan bakal calon yang ideal dengan kondisi masyarakat sekarang ini.

"Harapan kita dengan pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif ini kita bisa mendapatkan sosok-sosok yang lebih baik dan ideal dengan kondisi saat ini yang diinginkan masyarakat,"ujar Kaderismanto.

Kemudian penjaringan ini lanjut Kaderismanto, dalam upaya melakukan konsistensi mempertahankan semangat juang dan cita-cita luhur sang proklamator "Bung Karno" dan merealisasikan program-program PDI Perjuangan yang konsisten memperjuangkan hak-hak masyarakat.

Diakuinya, dalam pendaftaran dan penjaringan Bakal Calon Anggota Legislatif, PDI Perjuangan juga memperhatikan kuota 30 persen perempuan dan yang paling penting PDI Perjuangan juga menggarap 15 persen keterlibatan kaum milenial dalam Bakal Calon Anggota Legislatif ini.

"Untuk generasi milenial dan perempuan tentunya menjadi salah satu target kita dalam Bakal Calon Anggota Legislatif ini. Bagi individu yang berniat melakukan pendaftaran bisa langsung mendaftar ke kantor DPD dan DPC Seluruh Provinsi Riau,"ujarnya.

Dalam perjalanannya nanti, pendaftaran dan penjaringan Bakal Calon Anggota Legislatif ini nantinya akan diteruskan ke Panitia Penjaringan di tingkat DPC kemudian akan diteruskan DPD dan selanjutnya akan digodok oleh DPP PDI Perjuangan.

"Ada tiga kategori pendaftar yang akan diterima di PDI Perjuangan yaitu Pengurus, Kader dan Simpatisan. Ketiga kategori ini tentu mendapat porsi penilaian yang berbeda-beda di mata partai nantinya dan DPP lah yang akan memutuskan untuk jadi Daftar Caleg Tetap,"jelas Kaderismanto. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved