Padang

Pastikan Kesehatan Pilot dan Kru, 50 Pilot dan Pramugari Jalani Tes Urine di BIM

Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Polda Sumbar) menggelar tes urin kepada sejumlah pilot dan kru pesawat di Bandara Internasional Minangkabau

Pastikan Kesehatan Pilot dan Kru, 50 Pilot dan Pramugari Jalani Tes Urine di BIM
Tribun Pekanbaru/Riki
Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Polda Sumbar) menggelar tes urin kepada sejumlah pilot dan kru pesawat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Rabu (13/6/2018). 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Polda Sumbar) menggelar tes urin kepada sejumlah pilot dan kru pesawat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Rabu (13/6/2018).

Tes yang dilakukan terhadap 50 pilot beserta pramugari yang dilakukan secara acak itu, bertujuan untuk memastikan kesehatan pilot dan kru saat melayani penumpang selama mudik lebaran.

Baca: AHASS Mudahkan dan Lancarkan Mudik Konsumen dengan Berbagai Promo

Kabiddokkes Polda Sumbar, Kombes Pol dr. Danang Pamudji mengatakan, tes urin ini sebetulnya merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap periode mudik Lebaran dan tahun baru.

Dalam tes urin yang dilakukan di BIM kali ini, pihaknya belum menemukan pilot dan kru yang ketahuan mengonsumsi narkotika dan zat adiktif lainnya. Di antaranya, amphetamine, cocaine, opiates, marijuana, methamphetamine serta benzodiazephine.

"Dari pemeriksaan yang kami lakukan, belum ada ditemukan pilot maupun pramugari yang positif mengkonsumsi narkoba dan zat adiktif lainnya," kata Danang di sela proses pemeriksaan di BIM, Rabu siang.

Baca: Diperkirakan Malam Ini Arus Mudik Pekanbaru-Sumbar Makin Padat, Pengendara Diimbau Hati-hati

Direktur Narkoba Polda Sumbar, Kombes Pol Kumbul KS, menambahkan, ada 6 pesawat dari dua maskapai yang telah menjalani tes urin yang dilakukan hari ini, yaitu Garuda Indonesia dan Batik Air.

"Tes urin ini akan terus dilakukan secara acak selama musim mudik Lebaran ini demi memastikan keselamatan penumpang. Untuk teknisnya secara acak, dan kegiatan ini rutin dilakukan. Tahun lalu juga, hasilnya negatif. Semoga tahun ini demikian," katanya.

Baca: Libur Atlet Dipercepat untuk Hadapi Kejurnas Karate antar PPLP

Sementara itu, Aviation Security BIM, Kamardi memastikan bahwa proses pengecekan urin ini tidak mengganggu jadwal penerbangan. Pengambilan sampel urin dilakukan terhadap pilot dan pramugari atau kru kabin yang sedang tidak menjalankan tugasnya.

"Kami berharap tes secara acak seperti ini, bisa memastikan keselamatan penumpang," pungkas Kamardi.(*)
Attachments area.(*)

Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help