Pekanbaru

Jelang Jembatan Siak IV Beroperasi, Sejumlah U Turn di Jalan Sudirman Ditutup

Pihak Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru sudah melakukan rekayasa lalu lintas secara simultan jelang beroperasinya Jembatan Siak IV.

Jelang Jembatan Siak IV Beroperasi, Sejumlah U Turn di Jalan Sudirman Ditutup
tribunpekanbaru/Theorizky
Pekerja tengah memasang lampu jalan pada Jembatan Siak IV Pekanbaru, Kamis (24/1/2019) 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Pihak Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru sudah melakukan rekayasa lalu lintas secara simultan jelang beroperasinya Jembatan Siak IV.

Rekayasa lalu lintas berlangsung di Jalan Jendral Sudirman ujung dan sekitarnya. Terutama di ruas jalan yang dekat jembatan itu.

"Proses rekayasa lalu lintas sudah kita lakukan secara simultan sejak awal Februari 2019. Ada juga perubahan arus lalu lintas," papar Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (10/2/2019).

Menurutnya, rekayasa yang dilakukan di antaranya pembukaan simpang Jalan Hangtuah. Lalu rekayasa di U Turn DPRD Kota Pekanbaru dan pembukaan U Turn BRI. Kemudian menutup U Turn Mal Pekanbaru dan U Turn Pasar Buah.

Baca: Uji Beban Jembatan Siak IV Berlangsung Dua Hari, Hasilnya Tunggu Pleno KKJTJ

Pihak dinas juga merekayasa ruas jalan di sekitar Jembatan Siak IV. Di antaranya Jalan Sam Ratulangi dan Jalan Juanda. Kedua jalan ini bakal berubah arah arus.

Yuliarso juga mengklaim rambu sudah tersedia sesuai rekayasa lalu lintas. Keberadaan rambu mendukung sejumlah perubahan arus yang terjadi. Pasca beroperasinya Jembatan Sial IV nantinya.

"Jadi rambu itu mengikut saja sifatnya. Tapi yang jelas kita lakukan rekayasa dan pengaturan lalu lintas. Kita juga melakukan penataan parkir," ulasnya.

Selain itu, tim dari Forum LLAJ bakal memantau langsung kesiapan Jembatan Siak IV, Senin (10/2/2019).

Baca: Lagi Musim Durian di Pekanbaru, Jangan Coba-coba Makan Durian Bersamaan dengan 6 Makanan Ini

Mereka bakal melihat langsung kelayakan jembatan yang menghubungkan kawasan Jalan Jendral Sudirman dengan Jalan Sembilang. Selama ini kedua jalan dipisahkan oleh Sungai Siak.

"Jadi perlu diperiksa ulang lagi. Kalau sudah layak, tentu kita tentukan pengaturan lalu lintasnya. Serta sirkulasi arus lalu lintas yang sudah dirumuskan bersama unsur terkait," paparnya.

Tim tidak hanya melihat kelayakan dari Jembatan Siak IV.

Mereka juga melihat kelayakan jalan di dua fly over baru. Kedua fly over itu yakni fly over SKA dan Fly over Arengka. (*)

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved