Bengkalis

Tim Gabungan Siaga Karhutla Masih Lakukan Pemadaman, Beberapa Titik Karhutla Bengkalis

Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terus dilakukan tim gabungan siaga bencana Karhutla di Bengkalis.

Tim Gabungan Siaga Karhutla Masih Lakukan Pemadaman, Beberapa Titik Karhutla Bengkalis
Istimewa
Upaya Pemadaman Lahan Terbakar Masih di Lakukan Tim Siaga Karhutla Bengkalis, Sabtu (16/2/2019) kemarin. 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terus dilakukan tim gabungan siaga bencana Karhutla di Bengkalis. Hal ini diungkap Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto kepada tribun, Minggu (17/2) sore.

Untuk personil Polisi yang diturunkan sebanyak 77 orang personil gabungan dari Polres dan Polsek yang ada di Bengkalis. Pemadaman difokuskan di kebakaran lahan yang cukup luas di kecamatan Rupat.

"Pemadaman masih dilakukan sejumlah titik yang terbakar dilakukan oleh tim gabungan dari unsur TNI, Polri Manggala Agni, BPBD Provinsi dan kabupaten, Damkar. Dan kita juga dibantu Para Kepala Desa dan Lurah dan masyarakat serta perusahaan yang beroperasi di sekitara tempat yang lahan terbakar," jelas Kapolres.

Baca: Ramalan Zodiak Besok, Senin 18 Februari 2019: Menjadi Hari yang Cukup Mudah Bagi CANCER

Selain itu pemadaman melalui udara juga sudah dilakukan sejak kemarim. "Sejak Sabtu kemarin sudah mulai dilakukan pemadaman dengan water bombing melalui udara, pemadaman ini dilakukan di wilayah Rupat dan Dumai," jelas Kapolres Bengkalis.

Sementara itu menurut Kapolres terkait jumlah lahan yang saat ini terbakar memang agak sulit dilakukan penghitungannya. "Untuk total lahan terbakar memang sulit dihitung, bisa gunakan data BPBD saja," tandasnya.

Sementara itu, dari hasil pendataan Pusat data dan Informasi BPBD Bengkalis, hingga Sabtu kemarin jumlah lahan yang terbakar terluas di Kecamatan Rupat. Dimana ada beberapa titik yang masih dilakukan pemadaman.

Diantaranya terdapat di Desa Teluk Lecah dan Sri Tanjung dengan luas lahan yang terbakar sekitaer 160 hektare. Kondisi api masih kuat di daerah Sri Tanjung.

Selain titik kebakaran lahan lain yang berada di Rupat masih dilakukan pemadaman di daerah kelurahan Pergam dengan luas lahan yang terbakar sekitar 70 hektare. Kondisi di sana masih sulit di lakukan pemadaman.

Selain Rupat, upaya pemadaman juga masih dilakukam di kecamatan Tualang Mandau. Dimana titik api muncul sejak dua hari lalu, tepatnya di desa Tasik Serai Barat. Luas lahan yang terbakar di sana sekitar sepuluh hektare.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved