Inhu

Bawaslu Inhu Riau Tambah 2 TPS di Desa Sialang Dua Dahan Ikut Pemungutan Suara Ulang atau PSU

Rekomendasi PSU diberikan terhadap TPS 02 Desa Talang Bersemi, Kecamatan Batang Cenaku, Inhu dikarenakan ada pemilih yang tidak berhak memilih di TPS

Bawaslu Inhu Riau Tambah 2 TPS di Desa Sialang Dua Dahan Ikut Pemungutan Suara Ulang atau PSU
istimewa
Pelepasan distribusi logistik Pemilu 2019 di KPU Inhu, Sabtu (13/4/2019). 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menambah dua TPS di Kabupaten Inhu untuk direkomendasikan PSU.

Sebelumnya dua TPS Desa Sialang Dua Dahan, yakni TPS 01 dan TPS 03 diinformasikan akan dimasukan dalam rekomendasi PSU oleh Bawaslu Inhu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu.

"Rekomendasi tambahan untuk PSU, yakni TPS 02 Desa Talang Bersemi, Kecamatan Batang Cenaku dan TPS 02 Desa Gumanti, Kecamatan Peranap, Inhu," kata Ahmad Khairudin, koordinator divisi penyelesaian sengketa Bawaslu Inhu kepada Tribuninhu.com, Jumat (19/4/2019).

Meski begitu penyampaian rekomendasi PSU terhadap empat TPS tersebut akan dilakukan bersamaan, yang rencananya akan diserahkan Jumat (19/4/2019) siang ini.

Baca: Anak di Bawah Umur Mencoblos 2 Kali, Bawaslu Kepulauan Meranti Riau Usul PSU di 3 TPS

Baca: Hasil Real Count Sementara KPU, di Riau Paslon 01 Tertinggal, Prabowo-Sandi Unggul di 10 Kabupaten

Ahmad melanjutkan, rekomendasi PSU diberikan terhadap TPS 02 Desa Talang Bersemi, Kecamatan Batang Cenaku, Inhu dikarenakan ada pemilih yang tidak berhak memilih di TPS tersebut.

"Ada sekitar 10 orang pemilih di TPS 02 Desa Talang Bersemi yang tidak berhak memilih di TPS itu namun tetap diperbolehkan memilih," kata Ahmad.

Ke 10 orang tersebut diketahui orang dari luar Kabupaten Inhu, memiliki KTP di luar Inhu namun tidak memiliki A5 untuk pindah memilih, serta orang yang tidak terdaftar di DPT atau DPTb.

Untuk dugaan kesalahan tersebut, Bawaslu juga masih melakukan investigasi.

Sementara itu di TPS 02 Desa Gumanti, Kecamatan Peranap, Inhu juga diberikan rekomendasi PSU, pasalnya jumlah surat suara yang terpakai dengan pemilih yang hadir tidak sesuai.

Baca: Update Penghitungan Suara Pilpres Kamis Malam, Pasangan 02 Masih Unggul di Inhil

"Tidak sesuai antara surat suara Presiden, DPR RI, DPRD Kabupaten yang terpakai dengan pemilih yang hadir, namun untuk jumlahnya belum kita sampaikan karena data akurat belum sampai ke kita," kata Ahmad. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved