Advertorial

Tips Puasa Sehat Bagi Pengidap Asma

Dokter spesialis paru RS Awal Bros Panam dr. Seira Y Putri, SpP memberikan beberapa penjelasan dan tips tentang menghadapi puasa untuk penderita asma.

Tips Puasa Sehat Bagi Pengidap Asma
.
dr. Seira Y Putri, SpP RS Awal Bros Panam 

MEMASUKI bulan Ramadan, umat Islam tentu ingin menjalankan ibadah puasa selancar mungkin.

Tak terkecuali bagi yang mengidap asma. Namun, berpuasa mungkin menimbulkan beberapa kekhawatiran tertentu, misalnya pakai ventolin saat puasa.

Dokter spesialis paru RS Awal Bros Panam dr. Seira Y Putri, SpP memberikan beberapa penjelasan dan tips tentang menghadapi puasa untuk penderita asma.

Ia menjelaskan pertama, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa puasa berbahaya maupun tidak dianjurkan bagi pengidap asma.

Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan.

Bahkan menurut sebuah penelitian dalam jurnal ilmiah Annals of Allergy, Asthma, and Immunology sebesar 90 persen pengidap asma yang menjalani ibadah puasa tidak melaporkan keluhan apapun terkait serangan asma atau gangguan pernapasan lainnya.

Maka, pengidap asma tetap bisa berpuasa dengan aman. Namun, ini semua kembali lagi pada kondisi fisik masing-masing orang.

Sebaiknya memang lakukan konsultasi dulu dengan dokter sebelum mulai puasa. karena beberapa orang ada yang harus mengonsumsi obat-obatan tertentu secara rutin guna mencegah serangan asma ini.

- Menggunakan ventolin saat puasa

Salah satu kekhawatiran terbesar bagi pengidap asma yaitu jika harus menggunakan obat inhalasi atau ventolin saat puasa.

Halaman
123
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved