Karhutla

Luas Lahan Terbakar 5 Hektare, Dua Heli Water Bombing Ikut Padamkan Karhutla di Darul Aman

Pemadaman karhutla di Desa Darul Aman Bengkalis dibantu melalui udara menggunakan helikopter water bombing.

Luas Lahan Terbakar 5 Hektare, Dua Heli Water Bombing Ikut Padamkan Karhutla di Darul Aman
ISTIMEWA /BPBD RUPAT
Pemadam karhutla di Bengkalis dengan helikopter water bombing dilakukan Desa Darul Aman, Kecamatan Rupat, Bengkalis, Jumat (19/7/2019). 

 TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Satu dari tiga titik panas yang terpantau di Bengkalis oleh BMKG Pekanbaru dipastikan titik api yang berada di Desa Darul Aman, Kecamatan Rupat, Jumat (19/7/2019).

Tim gabungan dari Damkar, BPBD Bengkalis dibantu personel TNI dan Polri berupaya melakukan pemadaman.

"Luas lahan terbakar sekitar 5 hektare. Saat ini masih dalam upaya pemadaman tim gabungan," ungkap Kepala Damkar Bengkalis Djamaluddin.

Lahan yang terbakar merupakan semak belukar dan berbatasan dengan lahan milik perusahaan. Sehingga pemadaman juga dibantu oleh pihak perusahaan.

"Kalau dari kita, satu regu tim yang diturunkan, sekitar sepuluh orang. Kemudian dari BPBD, TNI dan Polri serta perusahaan ikut memadamkan," terangnya.

Kondisi terakhir, sebagian masih upaya pemadaman dan pendinginan, karena beberapa titik sudah dapat dipadamkan.

"Anggota masih di lapangan melakukan pemadaman. Banyak regu yang memadamkan, diharapkan karhutla bisa dipadamkan dengan cepat," ungkapnya.

Tidak hanya dilakukan tim gabungan darat saja, pemadaman juga dibantu melalui udara menggunakan helikopter water bombing.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bengkalis Tajul Muddaris mengatakan, helikopter diperbantukan langsung oleh BNPB dan Lanud Pekanbaru.

"Dua unit helikopter membantu pemadaman. Kemarin hanya satu unit yang beroperasi, hari ini tambah satu unit lagi untuk mempercepat pemadaman," ungkap Tajul.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved