Egianus Kogoya Terlibat Perencanaan Aksi Penembakan di Wamena,Papua

Aksi penembakan di Wamena, papua Jumat (23/8/2019) kemarin ternyata berkaitan dengan pimpinan separatis, Egianus Kogoya.

Egianus Kogoya Terlibat Perencanaan Aksi Penembakan di Wamena,Papua
Dok Humas Polda Papua
Mobil yang digunakan 5 orang KKB yang sebelumnya terlibat baku tembak di Pasar Ajibana, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (23/08/2019) 

Egianus Kogoya Terlibat Perencanaan Aksi Penembakan di Wamena,Papua

TRIBUNPEKANBARU.COM - Aksi penembakan di Wamena, papua Jumat (23/8/2019) kemarin ternyata berkaitan dengan pimpinan separatis, Egianus Kogoya.

Lima anggota kelompok kriminal bersenjata ( KKB) yang pada Jumat (23/08/2019) siang terlibat baku tembak dengan aparat TNI-Polri di Pasar Jibama, Wamena, kabupaten Jayawijaya, Papua, dipastikan bukan dari kelompok Egianus Kogoya.

Namun, Dandim 1702 Jayawijaya, Letkol Inf Candra Dianto menyebut mereka sempat berkomunikasi dan merencanakan aksi bersama Egianus Kogoya.

"Mereka dari Mulia tapi mereka bersama Egianus sempat mau bergabung untuk buat aksi di Wamena," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (24/08/2019).

Candra memastikan kelima orang KKB tersebut merupakan pecahan atau sempalan KKB yang selama ini berada di wilayah Piramid yang sudah tidak eksis.

//

"Dulu pimpinannya Yusak Tabuni tapi sudah tidak eksis lagi. Tapi dengan Egianus ini mereka ingin bangkit lagi," katanya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal menuturkan Pada Jumat pagi sekitar pukul 10.30 WIT, setelah melakukan penyidikan didapatkan informasi dari masyarakat pasar bahwa ada 5 orang laki-laki dengan membawa senjata laras panjang dan revolver mengancam para pedagang pasar.

Kemudian informasi tersebut diteruskan lewat radio kepada rombongan patroli gabungan TNI-Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya, Dandim dan Danyon tentang keberadaan 5 orang bersenjata laras panjang dan revolver tersebut. 

Setibanya di pasar Jibama, personel patroli gabungan langsung berhenti dan turun untuk melakukan penangkapan terhadap 5 orang laki-laki tersebut.

Halaman
12
Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved