Karhutla

Asap Karhutla Tak Kunjung Reda, PKS dan Demokrat Buka Posko Pengungsian Korban Asap Karhutla

Sejak dibukanya posko pelayanan bagi korban asap di kantor DPW PKS, ratusan warga memanfaatkan untuk tempat mengungsi dan menginap.

Asap Karhutla Tak Kunjung Reda, PKS dan Demokrat Buka Posko Pengungsian Korban Asap Karhutla
TRIBUN PEKANBARU/NASUHA NASUTION
Ketua DPD Demokrat Riau, Asri Auzar dan Ketua DPC Demokrat Pekanbaru, Agung Nugroho membagikan masker kepada masyarakat yang melintas. 

Asap Karhutla Tak Kunjung Redda, PKS dan Demokrat Buka Posko Pengungsian Korban Asap Karhutla

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kondisi asap Kahutla di Riau sampai saat ini masih tebal, partikel dalam asap diketahui sangat berbahaya bagi tubuh.

Partai keadilan sejahtera (PKS) dan Demokrat membuka posko pengungsian bagi masyarakat untuk menghindari paparan asap yang lebih tebal.

Sejak dibukanya posko pelayanan bagi korban asap di kantor DPW PKS, ratusan warga memanfaatkan untuk tempat mengungsi dan menginap.

Ini terutama bagi ibu-ibu hamil dan anak serta balita yang rentan terpapar asap.

"200 lebih warga yang mengungsi dan berobat ke posko kesehatan DPW PKS. Malam hari lebih 50 orang ibu dan balita yang menginap,"ujar ketua DPW PKS Riau Hendry Munief kepada tribunpekanbaru.com Minggu (15/9).

Hendry Munief menyampaikan akan terus menyasar masyarakat yang kurang mampu yang butuh bantuan obat-obatan dan tempat pengungsian.

Baca: Sudah 569 Orang Terjangkit ISPA , Diskes Pelalawan Baru Perintahkan Puskesmas Buka Posko Kesehatan

Baca: Detik-detik Sari Anggraini Tak Lagi Kembali setelah Terobos Api untuk Selamatkan Neneknya

Baca: IMM Sebut Pemerintah Tak Serius Tangani Karhutla di Indonesia

"Kami juga menghimbau masyarakat yang butuh untuk obat-obatan dan tempat pengungsian agar datang ke kantor PKS, kami akan berikan pelayanan,"ujar Hendry Munief.

Hendry Munief juga mengharapkan agar semua pihak di Riau berdoa dan berupaya memohon agar bencana kebakaran dan asap segera hilang, sehingga masyarakat bisa hidup kembali normal.

Sabtu (14/9) tidak hanya PKS namun Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Riau juga mulai membuka posko pelayanan dampak bencana asap, dan penampungan ibu hamil dan anak anak di kantor DPD Demokrat Riau di kantor Jalan Arifin Achmad Pekanbaru.

Ketua DPD Demokrat Riau, Asri Auzar mengatakan, bakti sosial ini digalang untuk masyarakat bekerjasama dengan DPC Demokrat kota Pekanbaru.

"Ini spontanitas partai tanpa mengharapkan apa apa, demi masyarakat yang terkena dampak kabut asap,"kata Asri Auzar.

Asri juga mengatakan, Demokrat juga memiliki posko di Jalan Sumatera yang mana posko tersebut merupakan rumah dinasnya sebagai wakil ketua DPRD.

"Kita juga membuka posko di jalan Sumatera. Itu adalah rumah dinas saya. Difungsikan sebagai rumah singgah penampungan ibu hamil dan anak anak, juga Lansia yang terkena dampak kabut asap," jelas Asri.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, pada posko pelayanan dampak bencana asap ini. disediakan dokter, tabung oksigen, pengukur tensi, masker, dan obat obatan yang dibutuhkan.(TRIBUNPEKANBARU.COM/NASUHA NASUTION)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved