Karhutla

Kabut Asap Karhutla Masih Tebal, WALHI Riau Desak Pemerintah Naikkan Status Darurat Bencana

Aktivis dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), mendesak agar Pemerintah Provinsi Riau segera menetapkan status darurat bencana kabut asap.

Kabut Asap Karhutla Masih Tebal, WALHI Riau Desak Pemerintah Naikkan Status Darurat Bencana
FOTO/ISTIMEWA
Data Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Indonesia, Jumat (20/9/2019) 

Kabut Asap Karhutla Masih Tebal, WALHI Riau Desak Pemerintah Naikkan Status Darurat Bencana

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Aktivis dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), mendesak agar Pemerintah Provinsi Riau segera menetapkan status darurat bencana kabut asap.

Menurut Direktur Eksekutif Walhi, Riko, dalam situasi mendesak seperti saat ini, maka keselamatan rakyat harus dilindungi dengan cepat.

"Status bencana bisa jadi nasional, karena perlu adanya penyelamatan dan perlindungan secara cepat terhadap warga yang terpapar asap," katanya, Jumat (20/9/2019).

Baca: VIDEO Live Streaming Sriwijaya FC vs Persibat LIVE TV One Sore Ini

Direktur Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Bareskrim Polri, Brigjen Muhammad Fadil Imran (baju putih) didampingi Direktur Reserse Kriminal Khusus AKBP Andri Sudarmadi (tengah) dan jajaran saat meninjau lahan PT Adei Plantation yang terbakar di Pelalawan, Jumat (20/9/2019)
Direktur Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Bareskrim Polri, Brigjen Muhammad Fadil Imran (baju putih) didampingi Direktur Reserse Kriminal Khusus AKBP Andri Sudarmadi (tengah) dan jajaran saat meninjau lahan PT Adei Plantation yang terbakar di Pelalawan, Jumat (20/9/2019) (TRIBUN PEKANBARU / Rizky Armanda)

"Itu yang harus didesak, status darurat bencana asap yang harus ditetapkan oleh Provinsi Riau," sambung dia lagi.

Hal ini kata Riko, bukannya tanpa alasan. Melihat beberapa waktu belakangan, dimana kemarau masih panjang. Belum lagi korban juga terus berjatuhan.

"Karena melihat dua minggu ini, kemarau masih panjang, dan korban juga banyak yang berjatuhan, terutama yang terinfeksi ISPA," sebutnya.

Disebutkan Riko, dalam penetapan status darurat, pihaknya menilai Pemprov Riau bukannya gagal dalam menangani bencana kabut asap.

"Tapi itu menjadi upaya seharusnya, dalam menjamin keselamatan rakyatnya. Dengan mengambil kebijakan yang tepat, dengan menaikkan status itu," ungkap dia lagi.

Dia menambahkan, dengan menaikkan status bencana kabut asap, artinya pemerintah memberikan respon yang cepat.

Hal ini bisa mendorong dan menggerakkan seluruh sumber daya yang ada, untuk membantu masyarakat Riau yang terpapar asap

"Caranya dengan penetapan status darurat," tandasnya.(Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved