Berita Riau

Udara Sudah Level Bahaya, IDI Harap Pemda Riau Tidak Segan Terima Bantuan

Status darurat bencana nasional kabut asap tersebut sudah seharusnya ditetapkan menyusul kondisi udara di Riau yang sudah menyentuh level berbahaya.

Udara Sudah Level Bahaya, IDI Harap Pemda Riau Tidak Segan Terima Bantuan
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru bersama prajurit TNI berusaha memadamkan bara api kebakaran lahan gambut yang terjadi di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (10/9/2019). (Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) 

Udara Sudah Level Bahaya, IDI Harap Pemda Riau Tidak Segan Terima Bantuan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Riau, Minggu (22/9/2019), mendesak Pemerintah Provinsi Riau agar segera menetapkan status darurat bencana nasional kabut asap di Riau.

Ketua IDI Riau Zul Asdi mengatakan status tersebut harus segera ditetapkan agar upaya dalam melakukan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di Riau bisa dilakukan secara maksimal.

Baik oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Sehingga bencana kabut asap ini bisa segera diatasi.

Lebih lanjut, dalam menyikapi keadaan ini ia mengimbau agar Pemprov Riau tidak segan untuk menerima bantuan.

"Karena udara di Riau sudah berbahaya bagi kesehatan, jadi ini sudah layak dijadikan sebagai bencana nasional. Kita juga berharap agar pemerintah daerah jangan segan-segan untuk menerima bantuan," ujarnya.

Baca: FOTO: Kabut Asap di Pekanbaru Minggu 22 September Semakin Pekat

Baca: Akui Pendidikan di Pekanbaru Lumpuh Dua Pekan Akibat Kabut Asap, Wawako Ayat Cahyadi Berharap Hujan

Status darurat bencana nasional kabut asap tersebut sudah seharusnya ditetapkan menyusul kondisi udara di Riau yang sudah menyentuh pada level berbahaya.

"Kita dari IDI Riau sudah melakukan kajian dan sudah kirimkan rekomendasi dari hasil kajian itu ke DPRD Riau untuk diteruskan ke Pemprov Riau agar bencana kabut asap di Riau segera ditetapkan statusnya menjadi darurat bencana nasional," kata Ketua IDI Riau, Zul Asdi, Minggu (22/9/2019).

 

Seharusnya, kata Zul Asdi, jika melihat kondisi udara yang sudah berada di level berbahaya ini, masyarakat harus dievakuasi atau diungsikan ke wilayah yang bebas dari kabut asap.

Halaman
123
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved