Berita Riau

Laba Capai Rp 60 Juta Per Hektare, Warga Siak Riau Mulai Berebut Bertanam Ubi Kayu Racun

Alfedri menyampaikan, ubi casesa ini sangat baik untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, 1 hektare bisa menghasilkan Rp 60 juta.

Laba Capai Rp 60 Juta Per Hektare, Warga Siak Riau Mulai Berebut Bertanam Ubi Kayu Racun
istimewa
Bupati Siak Alfedri ikut menanam ubi kayu racun (casesa), Senin (4/11/2019) di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK- Bupati Siak Alfedri ikut menanam ubi kayu racun (casesa) bersama mustahik atau penerima zakat, Senin (4/11/2019) di areal pertanian Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Ini merupakan penyaluran dana usaha petani penerima zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak.

"Sangat menyenangkan saya bisa ikut bertanam ubi racun bersama para petani di Bunsur," katanya.

Ubi racun merupakan usaha pertanian yang sangat menjanjikan saat ini, karena kebutuhan sangat tinggi pada pabrik ubi ini. Baznas Siak mengambil kesempatan yang diberikan kepada petani berupa modal usaha produktif kepada mustahik untuk menanam ubi. Tujuannya agar pendapatan mustahik meningkat.

Alfedri menyampaikan, ubi casesa ini sangat baik untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, 1 hektare bisa menghasilkan Rp 60 juta.

"Intinya melalui penanaman ubi casesa ini bisa meningkatkan ekonomi khususnya para mustahik,"ucapnya.

Pemkab Siak menyediakan lahan tidur seluas 310 hektare yang dipinjamkan ke Baznas. Alfedri bermaksud lahan itu bisa dikelola untuk ditanami ubi racun melalui program peningkatan ekonomi masyarakat.

"Di samping itu, lahan yang ditanami ubi racun ini merupakan bentuk usaha kita dalam mencegah terjadinya karhutla," kata dia.

Pasalnya, lahan tersebut secara otomatis akan selalu bersih, terhindar dari semak belukar yang mudah terjadi kebakaran saat musim panas.

Tahap awal ini, Baznas telah alokasikan dana senilai Rp 1,2 miliar untuk 50 hektare lahan penanaman ubi. Lokasinya dipencar di 14 kecamatan. Pemkab Siak juga telah menyiapkan lahan tidur seluas 310 hektare.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved