Cegat Speedboat di Terusan Mas, Polisi Amankan 10 Kardus Rokok Ilegal

Aparat kepolisian dari Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda Riau mengamankan satu unit speedboat berikut seorang operatornya, pria berinisial R.

Cegat Speedboat di Terusan Mas, Polisi Amankan 10 Kardus Rokok Ilegal
Istimew/tribun
Distpolair Polda Riau cegat Speddboat yang membawa rokok ilegal di perairan Terusan Mas, Inhil 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Aparat kepolisian dari Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda Riau mengamankan satu unit speedboat berikut seorang operatornya, pria berinisial R.

Speedboat bernama Mulia Indah 02 ini dicegat petugas yang sedang berpatroli, saat melintas di perairan Terusan Mas, Kabupaten Inhil.

Saat digeledah, petugas mendapatkan 10 kardus rokok ilegal tanpa cukai.

Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Riau, AKBP Wawan Setiawan, Sabtu (15/2/2020) menjelaskan, penangkapan speedboat pembawa rokok ilegal ini, berawal dari informasi masyarakat.

Dimana disebutkan, akan ada pengangkutan rokok tanpa cukai, dan tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah.

"Saat kita lakukan penyelidikan, didapati target melintas di lokasi. Dia berlayar dari Sungai Guntung dengan tujuan Tembilahan. Speedboat tersebut langsung kita cegat," kata Wawan.

Soal Tim Teknologi Modifikasi Cuaca, Lanud Belum Terima Telegram

Setelah dilakukan introgasi dan pemeriksaan, speedboat tersebut langsung dikawal menuju dermaga Satpolair Polres Inhil guna proses lebih lanjut.

Wawan menambahkan, kepada pelaku diterapkan pasal 323 (1) Undang-Undang RI Nomor 17/2008 Tentang Pelayaran.

"Yang bersangkutan kedapatan berlayar tanpa surat perintah berlayar dari Syahbandar. Kita sangkakan juga pasal 480 KUH Pidana, dimana dia melakukan penadahan berupa membawa rokok ilegal merek Luffman tanpa cukai yang sepatutnya diduga diperoleh dari kejahatan," pungkasnya. (Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved