Siak

Kasasi Ditolak dan Dihukum Setahun Penjara, Kejari Siak Kirim Surat Eksekusi untuk Nelson Manalu

Diketahui, Nelson dijatuhi vonis setahun penjara, karena diduga terlibat kasus penghasutan secara lisan pada 2016 lalu yang diatur dalam 160 KUHP.

Tribun Pekanbaru/Mayonal Puerta
Waka SPTI kabupaten Siak Nelson Manalu (kiri) bersama PH-nya Adrian Hutagalung, Kamis (16/8/2018) di kantor PN Siak 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Hakim Mahkamah Agung RI tolak permohonan kasasi terdakwa Nelson Manalu dalam perkara dugaan penghasutan. Sidang tingkat pertamanya berlangsung di PN Siak Sri Indrapura, Oktober 2018 lalu.

Saat ini, Nelson Manalu adalah anggota DPRD Siak. Dalam perkara ini, terdakwa Nelson Manalu dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penghasutan di muka umum, dengan hukuman penjara selama 1 tahun.

Putusan tersebut lebih ringan enam bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang menuntutnya selama 1 tahun 6 bulan penjara.

Atas putusan itu, sempat dilakukan upaya banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Riau, tapi hakim banding tetap menguatkan putusan PN Siak. Hakim MA juga demikian, turut menguatkan putusan PN Siak Sri Indrapura.

Atas putusan kasasi tersebut, Mahkamah Agung sudah menyurati Ketua Pengadilan Negeri Siak dengan nomor 288/Panmud.Pid/492 K/Pid/2019, tertanggal 19 Mei 2020 lalu.

Bupati Siak, Alfedri Santuni Nenek Sarinah, Korban kebakaran, Rumahnya Rata Dilalap Si Jago Merah

Lakukan Penyesuaian New Normal, Pemkab Siak akan Buka Kembali Objek Wisata Istana Siak

Humas Pengadilan Negeri (PN) Siak, Bangun Sagita Rambey SH MH, yang dikonfirmasi wartawan di Siak membenarkan sudah menerima salinan putusan MA tersebut.

"Surat MA itu kita terima sekitar sebulan lalu, 29 Mei 2020. Dan sekarang prosesnya sudah masuk ke kejaksaan untuk proses lebih lanjut," ujar Bangun.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Siak, Aliansyah, SH melalui Kasi Pidum Kejari Siak Rian D membenarkan petikan kasasi terdakwa sudah diterimanya dari PN Siak.

"Sesuai dengan putusan tersebut, maka akan kita lakukan eksekusi. Namun terlebih dahulu kita berikan surat pemanggilan kepada saudara Nelson," ujarnya.

Secara teknis, pihaknya secara kelembagaan sudah mengirim surat kepada yang bersangkutan, Senin (15/6/2020) kemarin, termasuk juga kepada Ketua DPRD Kabupaten Siak. Karena Nelson Manalu adalah anggota aktif DPRD Siak periode 2019-2024, dari Partai Hanura.

Volume Sampah Overload, Bupati Siak Tinjau Lokasi TPA Tualang di Perawang Bersama BPP wilayah Riau

Pilkada di Siak akan Tetap Digelar 9 Desember 2020, Jika Diundur Maka Akan Terjadi Hal Ini

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved