Breaking News:

Berita Riau

Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Sekolah Persiapkan Metode Proses Belajar Mengajar Melalui Daring

Kita sudah melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), memang akibat Covid-19 ini ada perubahan, karena tahun ini MPLS dilaksanakan daring

istimewa
Suasana ketika melakukan sesi motivasi kepada para penerima beasiswa via video daring 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah sekolah di Riau mulai melaksanakan persiapan jelang tahun ajaran baru 2020/2021. Namun ditengah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi, pihak sekolah pun terpaksa harus membatasi kegiatan tahun ajaran baru dengan bertatap muka langsung dengan para siswa.

Seperti yang dilaksanakan di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Di sekolah ini persiapan tahun ajaran baru dilaksanakan melalui online, atau dalam jaringan (Daring). Sehingga tidak ada kegiatan berkumpul di sekolah seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kita sudah melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), memang akibat Covid-19 ini ada perubahan, karena tahun ini MPLS kita laksanakan melalui daring," kata Kepala SMA Negeri 7 Pekanbaru, Dr Hj Nur Afni M.Pd, Kamis (9/7/2020).

Untuk PAUD Hingga SMP Sebaiknya Daring, Ini Saran Legislator Soal Proses Belajar Mengajar di Riau

Tahun Ajaran Baru, Disdikpora Kuansing Putuskan Tetap Belajar di Rumah

Kegiatan MPLS dilakukan melalui salah satu radio di Pekanbaru. Kemudian MPLS dilanjutkan melalui Daring oleh guru. Siswa dibagi menjadi tiga kelompok, dan dibimbing oleh guru-guru yang ditunjuk sebagai panitia MPLS dengan melibatkan pengurus osis.

"Itu semua dilakukan melalui Daring," kata Afni.

Kemudian saat tahun ajaran baru dimulai nanti, pihaknya juga akan tetap melakukan proses belajar mengajar melalui Daring. Sebab sesuai peraturan dari Kementrian pendidikan untuk sekolah yang berada di zona merah dan kuning, proses belajar mengajar dengan tatap muka ditiadakan dan diganti dengan Daring.

"Sesuai keputusan menteri pendidikan, karena Pekanbaru masih zona kuning, masih belum bisa melaksanakan kegiatan tatap muka. Dari Gubernur dan Satgas Gugus Tugas serta dinas pendidikan juga menyarankan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran dalam daring," imbuhnya.

Tahun Ajaran Baru, Begini Mekanisme Pembelajaran SMA Sederajat di Pelalawan, Tak Ada Tatap Muka

Masuk Sekolah Tanggal 13 Juli 2020, Bupati Inhu Minta Sekolah Ajak Anak Bahagia Sebelum Belajar

Pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi tahun ajaran baru dengan proses belajar melalui daring. Diantaranya adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru tentang metode belajar melalui daring.

"Guru-guru sudah diberikan diberikan pelatihan bagaimana pembelajaran jarak jauh. Bisa melalui Daring, luring atau e learning," ucapnya.

Afni menegaskan, ditengah Pandemi Covid-19 ini, siswa tetap belajar dan mengerjakan tugas sekolah seperti biasa. Bedanya hanya tidak dilakukan dengan tatap muka secara langsung.

Ayo Buruan, Gramedia Mal SKA Pekanbaru Ada Promo Paket Belajar Pintar dan Belajar Seru

"Jadi siswa bukan berarti tidak belajar. Siswa tetap belajar seperti biasa dari rumah. Makanya kami minta orang tua ikut mengawasi dan mengawal anak-anaknya agar tidak berkeliaran kemana-mana," kata Afni. (Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved