Breaking News:

Gugus Tugas Bubar, Pemprov Riau Bentuk Komite Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Ini hanya namanya saja yang berubah, dari gugus tugas, sekarang komite. Nanti akan ada lagi penambahan Satgas khusus percepatan ekonomi.

TRIBUN PEKANBARU / RINO SYAHRIL
Gubernur Riau, Syamsuar memberi keterangan pers. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah mematangkan pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Riau. Komite ini dibentuk pasca diterbitkannya surat keputusan presiden yang membubarkan Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

Pembubaran ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Pembubaran berlaku per 20 Juli 2020 atau sejak Perpres Nomor 82 Tahun 2020 diundangkan atau diteken Presiden Jokowi.

Pasal 20 Perpres tersebut menyatakan mencabut Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dalam Keppres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 ini diubah karena berkaitan dengan pemulihan ekonomi.

Permintaan Hewan Kurban di Pelalawan Riau Turun 15 Persen pada Idul Adha 2020,Diduga Dampak Covid-19

Ilegal Fishing Masih Marak Terjadi di Riau, Beroperasi Besar-besaran, Ini Modusnya

"Sesuai Permenkes itu kan ada perubahan, ini yang sedang kita bahas, tinggal nanti kita buat produk hukumnya, supaya bisa segera kita jalankan," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar usai memimpin rapat koordinasi perubahan SK Kemenkes nomor 413 bersama sejumlah kepala OPD dan instansi terkait, Rabu (22/7/2020).

Namun sejauh ini di Provinsi Riau pembentukan komite tersebut belum final. Sebab masih ada beberapa kalangan yang akan dilibatkan dalam komite ini.

Termasuk dari kalangan akademisi, perbankan dan otoritas jasa keuangan.

"Karena ada berapa perubahan, jadi ini belum final lagi," katanya.

Namun terkait struktur komite dipastikan tidak akan jauh berbeda dengan Gugus Tugas yang sudah dibentuk sebelumnya.

Uang Negara Masuk ke Rekening Pribadi Kementerian/Lembaga, Begini Respon Wakil Ketua MPR

Gaji ke-13 akan Dibayar Agustus, Masuk Stimulus Perekonomian Saat Masa Covid-19, Segini Rinciannya

Hanya saja dalam komite ini nantinya akan ada unsur lain yang dilibatkan guna memberikan masukan dalam percepatan perekonomian di Riau.

"Saya sudah hubungi pak doni (ketua BNPB), ini hanya namanya saja yang berubah, dari gugus tugas, sekarang komite. Nanti akan ada lagi penambahan Satgas khusus percepatan ekonomi. Itu sebenarnya sudah ada, tapi nanti kita akan tambah dari akademisi dari dinas terkait, seperti dari Disperindag, BI, OJK untuk pemulihan ekonomi," ujarnya.

Semua pihak yang akan dilibatkan dalam komite ini nantinya akan dibuatkan surat keputusan gubenur Riau. Setelah itu barulah diadakan rapat kembali untuk membahas tugas dari masing-masing pihak yang terlibat dalam komite ini.

VIDEO: Tausiyah di kantor BKD, Ustadz Abdul Somad Sosialisasi Tabung Wakaf Umat dan Kurban di Riau

Ustadz Abdul Somad ( UAS ) Berikan Ceramah Agama dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

"Nanti kalau sudah siap SKnya baru mereka kita undang," kata Syamsuar. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono).

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved