Breaking News:

NGUCUR Lagi Bantuan Bagi Pelaku UMKM di Riau, Tahun 2021 Ini Pemprov Anggarkan Rp 25 Miliar

Tahun 2021 ini Pemprov Riau kembali akan mengucurkan bantuan kepada para pelaku UMKM. Bantuan tersebut bahkan sudah dianggarkan di APBD 2021

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nurul Qomariah
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG
Ilustrasi bantuan untuk UMKM. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kabar gembira bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Riau.

Tahun 2021 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kembali akan mengucurkan bantuan kepada para pelaku UMKM. Bantuan tersebut bahkan sudah dianggarkan di APBD 2021.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPPK UKM) Riau, Asrizal mengatakan, dari pendataan yang pihaknya lakukan. Terdapat sekitar 127 ribu pelaku UMKM di Riau yang usahanya terdampak Covid-19.

Baca juga: HARI INI Siswa Mulai Belajar Tatap Muka,Bupati Kampar Tinjau SDN 006 Langgini dan SDN 001 Salo

Baca juga: KOK Bisa Ya,Jumlah Korban Tewas Lakalantas di Dumai 2020 Sama dengan 2019, 31 Nyawa Melayang Sia-sia

Baca juga: Vaksin Covid-19 Dijadwalkan Tiba di Pekanbaru Besok Pagi, Masih Dalam Perjalanan Darat Menuju Riau

"Sebanyak 127 ribu UMKM tersebut, kemudian diajukan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan. Karena selain dari pemerintah daerah, juga ada bantuan serupa dari pemerintah pusat," kata Asrizal, Senin (4/1/2021).

Dari 127 ribu UMKM tersebut, lanjut Asrizal, belum semuanya mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp2,4 juta.

Bagi yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, kemudian akan dibantu oleh Pemerintah Provinsi Riau dengan dana Rp25 miliar.

"Untuk memberikan bantuan yang bersumber dari APBD Riau tersebut, kami sudah menyiapkan seluruh administrasinya,” terangnya.

“Namun dana Rp25 miliar yang bersumber dari Biaya Tak Terduga (BTT), tidak lagi tersedia secara utuh karena digunakan untuk keperluan kesehatan yang juga tidak kalah prioritas," imbuhnya.

Oleh karena itu, pihaknya sudah membuat laporan tertulis kepada Gubernur dan juga Kepala Bappeda yang menyarankan agar bantuan UMKM tersebut dilanjutkan pada tahun 2021.

Pihaknya menargetkan, pada awal 2021 bantuan tersebut sudah bisa disalurkan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved