Breaking News:

Prodi Biologi FKIP UIR Beri Pelatihan Metode Pembelajaran E-learning kepada Guru SMK

program studi Biologi FKIP Universitas Islam Riau memberikan pelatihan metode pembelajaran daring kepada guru-guru di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar

tribunpekanbaru.com
tim pengabdian dari dosen dan mahasiswa program studi Biologi FKIP Universitas Islam Riau saat memberikan pelatihan metode pembelajaran daring kepada guru-guru di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar, Kamis (1/4/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Untuk membantu guru dan siswa dalam meningkatkan pelayanan di berbagai bidang dan penyampaian informasi baik kepada sesama guru dan kepada siswa, dosen dan mahasiswa program studi Biologi FKIP Universitas Islam Riau memberikan pelatihan metode pembelajaran daring kepada guru-guru di SMK Negeri 1 XIII Koto Kampar, Kamis (1/4/2021).

Ketua Pengabdian, Nurul Fauziah SPd MPd yang juga merupakan Dosen Pendidikan Biologi FKIP UIR mengatakan, pihaknya memberikan informasi tentang sistem belajar E-learning, yang merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran yang dipersepsikan bersifat student centered.

"Pemanfaatan E-learning diharapkan dapat memotivasi peningkatan kualitas pembelajaran dan materi ajar, kualitas aktivitas dan kemandirian siswa, serta komunikasi antara guru dengan siswa maupun antar siswa," kata Nurul Fauziah kepada Tribun, Sabtu (3/4/2021).

Dalam masa pandemi seperti ini yang mengharuskan siswa harus belajar dari rumah atau disebut juga dengan pembelajaran jarak jauh.

"Metode pembelajaran daring yang sudah digunakan adalah google classroom, pemanfaatan metode pembelajaran ini juga belum maksimal, hanya sebatas untuk memberikan tugas kepada siswa, sedangkan metode pembelajaran daring yang bisa melakukan tatap muka sangat banyak dengan melakukan video conference," jelasnya.

Dikatakannya, metode pembelajaran daring ini belum pernah diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh kepada siswa, karena masih kurangnya informasi dan cara penerapan oleh guru dalam menggunakan metode pembelajaran ini.

"Diharapkan guru-guru dan siswa bisa memahami dan menerapkan berbagai metode pembelajaran daring di dalam pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, agar pembelajaran berjalan efektif dan efisien dalam situasi apapun," ulasnya.

Pihaknya juga senang, karena guru-guru menyambut baik pelatihan tersebut dan sekolah akan mengaplikasikan metode pembelajaran tersebut dalam kegiatan sekolah dan kegiatan pembelajaran.

Adaoun anggota Pengabdian tersebut di antaranya adalah, 3 orang dosen, yakni, Iffa Ichwani Putri, M.Pd, Oktariani, M.Pd, Dea Mustika, M.Pd, dan mahasiswa Roizawati.

(Tribunpekanbaru.com/Alexander)

Penulis: Alex
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved