Breaking News:

Pengamat UIR Sebut Amien Rais Punya Pengaruh Besar di Partai Ummat Termasuk di Riau, Ini Ulasannya

Pengamat UIR sebut Amien Rais punya pengaruh besar di Partai Ummat termasuk di Riau, ini ulasannya

Tangkapan gambar channel YouTube Amien Rais Official
Pengamat UIR Sebut Amien Rais Punya Pengaruh Besar di Partai Ummat Termasuk di Riau, Ini Ulasannya. Foto: Amien Rais dan Logo Partai Ummat 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pengamat UIR sebut Amien Rais punya pengaruh besar di Partai Ummat termasuk di Riau, ini ulasannya.

Pengamat Politik Universitas Islam Riau Panca Setyo Prihatin mengatakan Amien Rais adalah sosok yang sangat penting dalam proses kelahiran Partai Amanat Nasional (PAN) dan kini Partai Ummat.

Sebagai tokoh penting dan pernah menjadi ketua MPR RI tentu keberadaan Amien memiliki pengaruh, yang sangat kuat di internal partai.

Pada saat PAN di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan yang dekat dengan kekuasaan membuat internal PAN menjadi retak antara kubu Zulkifli Hasan vs kubu Amien Rais yang kritis pada kepemimpinan Presiden Jokowi.

Pengamat Politik Universitas Islam Riau Dr Panca Setyo Prihatin
Pengamat Politik Universitas Islam Riau, Panca Setyo Prihatin (istimewa)

Puncaknya, saat Kongres PAN di Kendari di mana kubu Amien Rais kalah dan sejak itu kelompok ini membangun konsolidasi kekuatan dengan membentuk partai baru dengan nama Partai Ummat.

"Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa banyak kader PAN yang loyalis dengan Amien Rais akhirnya hijrah juga ke partai baru ini,"ujar Panca.

Partai Ummat di Riau juga menurut Panca, memiliki sejarah yang sama, dimana awal kelahiran PAN di Riau mandat diberikan kepada Fauzi Kadir yang notabene adalah relasi politik Amien Rais.

"Walaupun kemudian Fauzi Kadir mundur diperjalanan tapi sejarah mencatat bahwa keberadaan Amien Rais sangat besar pengaruhnya sehingga wajar banyak kader PAN yang hijrah ke Partai Ummat,"ujarnya.

Terutama kader-kader yang berada di luar struktur partai dan legislator, Panca juga memiliki asumsi walaupun suara partai Ummat tidak signifikan tapi paling tidak Partai Ummat ini memiliki basis konstituen yang jelas.

"Tinggal kedepan bagaimana partai ini akan memainkan peran politiknya untuk meyakinkan publik termasuk soal tawaran terkait dengan bagaimana partai ini akan berjuang untuk kesejahteraan rakyat,"jelas Panca.

Halaman
123
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved