Breaking News:

15 Orang Diperiksa, Kejari Pelalawaan Bidik Dugaan Pungli Sertifikat PTSL di Desa Bagan Limau Ukui

Kejari Kabupaten Pelalawan Riau sedang membidik dugaan Tipikor dalam program PTSL tahun 2019 di Desa Bagan Limau Kecamatan Ukui.

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
TRIBUNPEKANBARU/JOHANNES TANJUNG
Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pelalawan, Sumriadi SH MH. Kejari Kabupaten Pelalawan Riau sedang membidik dugaan Pungli Sertifikat PTSL di Desa Bagan Limau Kecamatan Ukui. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Kejari Kabupaten Pelalawan Riau sedang membidik dugaan Pungli Sertifikat PTSL di Desa Bagan Limau Kecamatan Ukui.

Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) berupa Pungutan Liar (Pungli) dalam pengurusan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dalam tahun 2019 di desa tersebut.

Pelakunya oknum-oknum tertentu.

Padahal program dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) tersebut tidak dikutip biaya alias gratis.

Namun dalam pengurusan sertifikat tanah PTSL di Bagan Limau tercium adanya bau korupsi dengan memungut sejumlah uang dari para pemilik lahan.

"Proses penyelidikan dugaan Pungli PTSL Desa Bagan Limau ini sedang berproses di Seksi Pidana Khusus (Pidsus). Tim masih bekerja untuk mengungkap ini," ungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pelalawan, Silpia Rosalina SH MH melalui Kepala Seksi Intelijen Sumriadi SH MH, kepada tribunpekanbaru.com, Minggu (09/05/2021).

Sumriadi menyebutkan, sejak Surat Perintah Penyelidikan (Sprinlid) diterbitkan pihaknya telah melakukan pemanggilan sejumlah orang yang terkait dalam pengurusan sertifikat PTSL ini.

Mereka dimintai keterangan oleh jaksa penyidik dalam mencari perbuatan melawan hukum atas program tersebut.

Seperti perangkat desa, kepala desa yang lama, kepala desa yang baru, pihak BPN, serta para pemilik lahan yang masuk dalam program PTSL.

"Sudah ada sekitar 15 orang yang telah dimintai keterangannya. Sudah cukup banyak. Termasuk mantan kades dan perangkat desa yang lain," tambah Sumriadi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved